1,4 Hektare Lahan Warga Desa Sanggulan Digusur PT BML, Komisi I DPRD Kaltim Gelar Mediasi

0 1,748

Samarinda, Kaltimpedia.com – Komisi I DPRD Kaltim menggelar mediasi antara warga RT 17 Desa Sanggulan, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dengan PT Bukit Menjangan Lestari (BML), Senin, 26 September 2022 di Kantor DPRD Kaltim.


Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Baharuddin Demmu menerangkan bahwa mediasi ini menindaklanjuti keluhan warga Desa Sanggulan terkait 1,4 hekater lahan mereka yang digusur PT BML. Masalah ini sebelumnya sempat diupayakan untuk diselesaikan oleh warga sendiri, namun belakangan tak menemui titik temu dengan pihak perusahaan.


“Perusahaan tidak mengetahui kalau itu batas lahannya. Pak Mustaqim (warga, Red) yang lahannya tergusur itu sudah melakukan mediasi di desa tapi tidak menemui titik terang. Akhirnya dibawa ke Komisi I,” ucapnya kepada awak media.


Selanjutnya, dirinya telah menyampaikan permintaan warga kepada PT BML agar mengganti lahan milik warga dengan nilai Rp 200 juta. Namun, angka itu dinilai tinggi dan perusahaan tak menyanggupinya.


“Sehingga skemanya adalah yang terdampak kurang lebih seribu perkan itulah akan diberikan kompensasi. Nilai kompensasinya itu 40 juta dari perusahaan, bukan pembebasan lahan ya, tapi itu hanya kompensasi dari dampak gusuran,” jelas poltisi PAN tersebut.


Selain itu, Demmu juga menegaskan jika perusahaan tak boleh lagi mengganggu lahan-lahan warga, jika tak berani untuk melakukan pembebasan lahan.


“Kami minta perusahaan untuk tidak lagi mengganggu lahan rakyat, kalau perusahaan tidak berani membebaskan,” pungkasnya. (fa/adv/dprdkaltim)

Leave a comment