Kaltimpedia
Beranda Advetorial Disbun Kukar Salurkan Bantuan Pupuk dan Saprodi di Desa Menamang Kiri Muara Kaman

Disbun Kukar Salurkan Bantuan Pupuk dan Saprodi di Desa Menamang Kiri Muara Kaman

Suasana penyaluran bantuan pupuk dan Saprodi oleh Disbun Kukar.

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara (Disbun Kukar) menyalurkan bantuan pupuk dan Sarana produksi (Saprodi) bagi 30 pekebun kurang mampu di Desa Menamang Kiri Kecamatan Muara Kaman. Penyerahan dilakukan oleh Kepala Bidang Produksi Disbun Kukar Muhammar Taufik Rahmani, Sabtu (12/11/2022).

Ia mengatakan, tujuan dari pemberian distribusi pengadaan pupuk dan Saprodi untuk meningkatkan hasil produksi tanaman perkebunan rakyat. Khususnya pekebun kurang mampu melalui intensifikasi.

“Meningkatkan nilai ekonomis hasil produksi dengan meningkatkan kualitas dan mutu hasil produksi. Melalui kegiatan hilirisasi menggunakan teknologi Unit Pengolahan Hasil (UPH),” kata Taufik.

Penyaluran ini juga dimaksudkan agar petani komoditi perkebunan yang kurang mampu memenuhi kebutuhan sarana produksi sesuai dengan standar teknis. Petani komoditi perkebunan yang tergabung dalam kelompok tani di wilayah Kukar. Serta kebun masyarakat yang kurang produktif namun masih memiliki prospek untuk perbaikan hasil produksi.

Ia menyebutkan, pengembangan dan prasarana merupakan program prioritas pemerintah pusat melalui Kementrian Pertanian. Hal ini sejalan dengan program utama pembangunan perkebunan Pemkab Kukar.

“Yakni mewujudkan program penyediaan dan pengembangan sarana pertanian,” imbuhnya.

Selain itu, difokuskan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi melalui penyediaan bibit unggul, pupuk, pestisida dan alat pengolahan hasil, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani.l

“Sekaligus mendukung program Pemkab Kukar dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang unggul,” tutupnya. (Dha/Adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan