Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Contoh Kesuksesan Pulau Jawa, Kukar Mulai Coba Budidaya Udang Vaname

Contoh Kesuksesan Pulau Jawa, Kukar Mulai Coba Budidaya Udang Vaname

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar, Muslik

TENGGARONG – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kutai Kartanegara (Kukar) coba budidaya udang vaname. Budidaya ini mulai dilakukan dengan dipersiapkannya tambak budidaya di Kecamatan Muara Badak dan Samboja.

Pengembangan udang vaname di Kukar masih uji coba. Dikarenakan suksesnya budidaya potensi udang air tawar ini di Pulau Jawa yang memiliki hasil produksi lebih cepat.

Kepala DKP Kukar, Muslik menjelaskan dimulainya budidaya ini dapat membantu meningkatkan hasil produksi udang di Kalimantan Timur (Kaltim). Dirinya juga mengatakan meski Kukar terlebih dahulu dikenal di pasar lokal hingga mancanegara dengan udang windu. Udang vaname diharapkan dapat menjadi produk udang baru Kukar yang dapat menarik perhatian pembeli.

“Tingkat produktifitas udang windu sangat rendah, yakni sekitar 50 kilogram per satu hektare tambak. Makanya ini menjadi upaya kami untuk meningkatkan kapasitas produksi udang di Kukar ini. Kita memilih vaname karena melihat keberhasilan budidayanya di Pulau Jawa. Mereka sukses memproduksi 30 ton udang vaname per hektare,” ungkap Muslik tidak lama ini.

Pemprov Kaltim sudah lebih awal mengembangkan udang vaname di Sungai Tanggi, Kecamatan Samboja. Melanjutkannya, Pemkab Kukar akan coba membudidayakan udang vaname dengan uji coba terlebih dahulu.

Dikarenakan perawatan udang vaname memerlukan kemajuan teknologi, pihaknya masih perlu banyak pertimbangan. Tetapi jika berhasil, Muslik pastikan Pemkab Kukar dorong di daerah lain untuk pembudidayaannya.

“Kita tidak akan menghentikan budidaya udang windu, karena masih ada peminat tetapnya. Makanya terus kita lanjutkan keduanya. Tapi kami yakin, kalau hasilnya ini menguntungkan masyarakat pasti banyak yang akan membudidayakan udang vaname,” pungkas Muslik. (ito/adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan