Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Ambil Peran di IKN, Pemdes Ponoragan Dorong Pemuda Kembangkan Budidaya Ikan

Ambil Peran di IKN, Pemdes Ponoragan Dorong Pemuda Kembangkan Budidaya Ikan

Kepala Desa Ponoragan Sarmin.

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Desa Ponoragan, Kecamatan Loa Kulu salah satu desa yang memiliki potensi budidaya ikan air tawar melimpah. Bahkan pemasok bibit ikan nila dan mas terbesar di Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kalimantan Timur (Kaltim).

Melihat peluang ini, Pemerintah Desa Penoragan mendorong pemuda terlibat dalam budidaya ikan air tawar ini. Langkah ini diambil untuk mempersiapkan pemenuhan kebutuhan ikan di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kami sadar kebutuhan ikan dapat meningkat drastis jika IKN berpindah nantinya. Oleh karena itu, kami ingin melibatkan pemuda dari Ponoragan dalam pengembangan perikanan sejak sekarang. Agar mereka tidak hanya menjadi penonton di masa depan,” ucap Kades Ponoragan, Sarmin, Jumat (10/11/2023).

Dia menyebutkan, mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani. Dan sebagian besar penduduk masih dalam usia produktif. Dengan didorongnya sektor perikanan ini, Sarmin yakin Ponoragan dapat memenuhi kebutuhan pangan.

Terlebih, budidaya ikan setiap bulannya menghasilkan jutaan ekor bibit ikan. Dalam setahun, bibit yang dihasilkan dari Desa Ponorangan tembus diangka puluhan juta bibit.

“Saya berharap agar petani di wilayah tersebut dapat membesarkan ikan di kolam, seperti ikan gurame, yang memiliki nilai ekonomis yang baik,” tandasnya. (adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan