Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Pokdarwis Kota Bangun III Komitmen Kembangkan Wisata Danau Kumbara

Pokdarwis Kota Bangun III Komitmen Kembangkan Wisata Danau Kumbara

Danau Kumbara terletak di Desa Kota Bangun III.

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Potensi destinasi wisata di Desa Kota Bangun III Kecamatan Kota Bangun Darat mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar). Terutama pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam mengelola obyek wisata Danau Kumbara.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) turut dilibatkan berbagai pelatihan hingga sertifikasi yang digelar Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar. Hal tersebut diungkapkan Ketua Pokdarwis Kota Bangun III, Deni Ilham.

“Alhamdulillah Dispar Kukar selalu melibatkan kami dalam berbagai kegiatannya, bahkan beberapa kali kami diberi pelatihan dan sertifikasi seperti pemandu wisata, pengemasan produk dan lainnya,” ujar Deni, Sabtu (30/3/24).

Danau Kumbara ini merupakan bekas lubang tambang, menawarkan keindahan alam yang memukau. Nama Kumbara memiliki arti “rendaman batu bara,” menggambarkan keunikan danau ini yang terbentuk akibat terendamnya bekas tambang batu bara oleh air.

“Kawasan wisata seluas dua hektar ini menawarkan suasana alam yang segar, di mana pengunjung dapat menikmati keindahan alam, memberi makan ikan, dan bersantai di gazebo-gazebo yang tersebar di sekitar Danau Kumbara,” sambungnya.

Disebutkan Deni, objek wisata ini dikelola oleh Pemerintah Desa setelah diserahkan oleh pihak perusahaan, Danau Kumbara dimanfaatkan sebagai tempat wisata dengan tujuan memberdayakan masyarakat setempat.

Kawasan obyek wisata ini juga dilengkapi berbagai jenis tanaman buah-buahan. Diantaranya jambu air dan jambu kristal. Untuk tarif masuk, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000.

“Danau Kumbara juga memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat setempat, terutama pelaku UMKM yang dapat menjajakan berbagai olahan makanan di sekitar area wisata,” tandasnya. (adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan