Andi Harun Tinjau Lapangan Revitalisasi Tiga Kawasan, Pastikan Desain Sesuai Rencana

0 1,336

Kaltimpedia.com, Samarinda – Wali Kota Samarinda Andi Harun meninjau kawasan Gor Segiri, Citra Niaga dan Folder Air Hitam sebelum finalisasi perencanaan revitalisasi tiga kawasan tersebut oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Samarinda, Rabu (2/11/2022).

Hal tersebut guna memastikan desain perencanaan bangunan revitalisasi telah sesuai dengan kondisi eksisting di lapangan.

Andi Harun menyebutkan perlu ada penyesuaian perencanaan desain di tiga kawasan tersebut, seperti di kawasan Gor Segiri perlu penyempurnaan saluran drainase, peningkatan bangunan, revitalisasi fasilitas fitnes dan kolam renang, ruang untuk UMKM, serta menciptakan ruang ekonomi baru.

Terkait kawasan Citra Niaga, kata Andi berharap kawasan tersebut menjadi tempat yang mewah sekaligus modern di masa depan, dengan tidak melupakan kawasan ramah lingkungan, tata ruang yang rapi, perbaikan koneksi jalan dan sebagi pusat peradaban.

Unsur UMKM, lanjut dia, hingga usaha besar terakomodir di situ, menjadi pusat kegiatan masyarakat, pusat meeting point, pusat kesenian dan oleh-oleh, hingga pusat perekonomian masyarakat.

Begitu pula di kawasan Folder Air Hitam Samarinda, revitalisasi kawasan tersebut tidak menghilangkan unsur fungsinya sebagai kolam retensi pengendalian banjir. Namun menjadikan tempat tersebut sebagai spot wisata dengan membangun fasilitas-fasilitas hiburan bagi masyarakat.

Mulai dari aspek arsitektur, tata ruang, kemanfaatan ekonomi dan sosial akan dituangkan dalam suatu rancangan desain pembangunan.

Andi Harun menjelaskan dari hasil tinjauan lapangan tersebut tindak lanjut kedepannya di pertengahan bulan November 2022 sudah ada finalisasi desain map revitalisasi di tiga kawasan tersebut dari Pemerintah Kota Samarinda.

Ia menjelaskan paling tidak pemkot sudah memiliki master plan terkait perencanaan desain modern pada kawasan tersebut di masa depan.

“Terkait waktu pembangunannya kita akan tindaklanjuti lagi, berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi serta memperhatikan keuangan daerah,” tutupnya. (adv/fa)

Leave a comment