Anggota Pramuka Kukar Dilatih Protokol dan Etika Medsos

0 2,185

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokom) Setkab Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi narasumber dalam Pelatihan Pengembangan Kapasitas Kepramukaan yang digelar oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka  Kukar.

Pengembangan kapasitas berkaitan dengan keprotokolan dan etika dalam bersosial media. Pelaksanaan diselenggarakan di Aula Serba Guna Kantor Bupati dan Ruang Computer Assisted Test (CAT) pada Sabtu (13/11/2022).

Wakil Kwarcab Gerakan Pramuka Kukar, Ismed mengatakan, pelatihan ini sangat penting bagi peserta kepramukaan yang nantinya dipraktekkan atas apa yang didapat dari masing-masing narasumber.

“Kegiatan ini sebagai momentum dalam peningkatan kapasitas dan kapabilitas anggota pramuka,” ungkapnya.

Ditambahkan Ismed, pelatihan tersebut diisi oleh narasumber yang sesuai bidangnya. Materi Keprotokolan diisi oleh Tim Subbag Protokol. Kemudian materi etika dalam bersosial media oleh Tim Subbag Komunikasi Pimpinan (Kompin) dan Dokumentasi Pimpinan (Dokpim) Setkab Kukar.  Sedangkan Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kukar Bambang Irawan mengisi pemahaman Dasar Hukum dan Etika Jurnalistik.

“Dari materi yang sudah disajikan, diharapkan dapat dipraktekkan sehingga apa yang disampaikan dapat tersampaikan kepada khalayak luas, sesuai etika penulisan dan bersosial media,” ujar Ismed yang juga sebagai Kepala Bagian Prokom Setkab Kukar.

Sementara itu, narasumber dari Subbag Dokpim yang disampaikan Irwan Wadi, membahas bagaimana etika penggunaan bersosial media. Menurutnya, setidaknya ada lima hal penting etika menggunakan jejaring sosial yakni etika dalam berkomunikasi, hindari penyebaran SARA, pornografi dan aksi keras.

Selanjutnya, lakukan kroscek kebenaran berita, menghargai hasil karya orang lain dan terakhir jangan terlalu mengumbar informasi pribadi.

“Etika berkomunikasi dalam menggunakan media sosial sangatlah diperlukan. Hal ini dapat menimbulkan sesuatu hal negatif dari tanggapan dan cara pandang seseorang pembaca atau masyarakat. Ayo hidup aman di dunia maya, bijak bermedia sosial,” katanya. (Dha/Adv)

Leave a comment