Bunda PAUD Dorong Status dari Swasta Menadi Negeri

0 1,564

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kutai Kartanegara (Kukar) selaku Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Maslianawati Edi Damansyah melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Muara Muntai pada Minggu (7/11/2021).

Dampingi Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar Maria Ester. Dalam kunkernya untuk memastikan pembelajaran tatap muka di lembaga pembinaan PAUD berjalan sesuai protokol kesehatan. Selain itu, memberikan dorongan pada peningkatan status PAUD hingga bisa menjadi Negeri.

“Tentunya ini untuk mewujudkan PAUD yang profesional dan berkualitas. Selain itu juga memastikan kondisi pelaksanaan belajar mengajar menggunakan protokol kesehatan dan pengelolaan PAUD di kecamatan ini berjalan dengan baik,” kata Maslianawati.

Memajukan pendidikan ucap dia, sangat diperlukan adanya kerjasama semua pihak agar turut andil dalam memajukan pendidikan di Kukar. Tak kalah pentingnya, peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya tenaga pendidik harus terus ditingkatkan kembali.

“Hal ini juga dapat mendukung dan mendorong status PAUD dari swasta menjadi negeri,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Disdikbud Kukar  Maria Ester menambahkan, di beberapa kecamatan masih ada PAUD yang belum berstatus negeri. Pemerintah akan terus meningkatkan SDM tenaga pendidik PAUD. Mendorong peralihan status dari swasta menjadi negeri dengan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat.

Maria menyebutkan ada sejumlah tahapan dan syarat yang harus dilakukan untuk mengubah status PAUD swasta menjadi negeri. Diantaranya yakni lahan bangunan yang digunakan merupakan tanah negara.

“Maka untuk pembangunan gedung akan menggunakan anggaran pemerintah, untuk guru atau tenaga pendidikan lainnya harus berstatus PNS bila PAUD tersebut ingin menjadi negeri,” kata Maria mengakhiri. (Dha/Adv)

Leave a comment