Bupati Kukar Harap Pamsimas Bisa Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

0 1,500

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan bangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Muara Siran, Kecamatan Muara Kaman,  pada Rabu (17/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Edi berharap keberadaan Pamsimas bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Permasalahan ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar sangat serius dalam menanggulangi masalah air bersih, karena menjadi kebutuhan sehari-hari bagi warga masyarakat.

“Ini merupakan bagian dari program dedikasi Kukar Idaman untuk penyediaan air bersih desa guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata Edi.

Dalam menunjang dan mengoptimalkan keberadaan Pamsimas, pengelolaannya akan diserahkan kepada pemerintah desa dalam hal ini Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Selain itu, supaya keberadaan bisa bermanfaat dan berguna selamanya, Edi berharap ada peran serta seluruh masyarakat yang menjadi pelanggannya. Khususnya berkenaan pembayaran tarif penggunaan yang dibebankan setiap bulannya.

Terkait biaya tarif bulanan, Edi berpesan kepada pengelola yang ditunjuk nantinya oleh desa agar dalam menetapkan tarif harus berada dibawah tarif normal Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

” Pamsimas pada prinsipnya dari masyarakat untuk masyarakat.  Makanya saya selalu berpesan kepada setiap pengelolaan Pamsimas yang saya datangi, agar dalam menetapkan tarif harus berada di bawah tarif PDAM karena ini skalanya juga kecil,” tegasnya. (Dha/Adv)

Leave a comment