Desa Pela Kukar Masuk 10 Besar dan Sabet Penghargaan Kalpataru Nasional

0 1,374

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Nama Kutai Kartanegara (Kukar) kembali mengema dipanggung nasional. Setelah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bekayuh Baumbai, Bebudaya Desa Pela menyabet penghargaan Kalpataru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Desa yang berada di Kecamatan Kota Bangun ini berhasil masuk 10 besar penerima Kalpataru nasional, kategori penyelamatan lingkungan terhadap kontribusinya dalam penyelamatan lingkungan konservasi pesut mahakam yang ada di Sungai Pela dan sekitarnya.

Penghargaan tersebut diterima oleh Ketua Pokdarwis B3, Alimin, turut didampingi Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kukar, Slamet Hadiraharjo, di ruang Auditorium Gedung Manggala Wanabakti Tanah Abang Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024) lalu.

“10 besar terbagi menjadi 4 kategori, yakni perintis lingkungan, pengabdi lingkungan, penyelamatan lingkungan dan pembinaan lingkungan. Kita masuk di penyelamatan lingkungan bersama dengan dua penerima lainnya,” ujar Aimin, Sabtu (8/6/2024).

Awalnya ada dua desa di Kalimantan Timur yang masuk nominasi 21 besar, yakni Balikpapan dengan kategori perintis dan penyelamat dari Kukar. Kemudian diseleksi kembali, dan hanya Desa Pela yang berhasil menebus 10 besar.

“Diseleksi lagi jadi 10 besar, jadi balikpapn lepas, sedangkan pela ini masuk,” tambahnya.

Diketahui, Desa Pela telah banyak meraih penghargaan tingkat nasional. Diantaranya sertifikasi desa wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Kemenparekraf, hingga Kalpataru.

Alimin berharap, penghargaan yang diraih ini dapat terus dijaga, dipertahankan dan dikembangkan untuk generasi masa mendatang. Supaya Desa Pela bisa terus menyabet prestasi tingkat nasional dan internasional.

“Semoga ke depan ada regenerasi penerus kita, warga sekitar juga mau mengikuti apa yang dilakukan desa yaitu menjaga pesut dan satwa lainnya dan ragam-ragam hayati yang ada di sungai dan danau,” pungkasnya. (adv)

Leave a comment