Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bentuk Studio Pondok Kesah Ayumi

0 1,507

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Mengikuti perkembangan kecanggihan teknologi dan informasi serta kearsipan digitalisasi. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui aksi perubahan membentuk Pondok Kesah Arsip yang Unik Menyampaikan Informasi (Ayumi).

Ayumi diresmikan tahun ini oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah dengan basis digitalisasi yang memudahkan menjangkau seluruh masyarakat di Kukar. Sehingga saat pandemi Covid-19, dimana masyarakat dibatasi untuk ke luar rumah dan berkumpul, tidak mengurangi semangat bekerja. Apalagi Ayumi ini tidak memerlukan anggaran banyak.

“Pondok kesah Ayumi sifatnya menjembatani permasalahan, jika virtual kadang putus-putus, maka videonya kami simpan di plafon youtube agar bisa berulang-ulang ditonton. Kalau belum paham ya buka lagi,” ungkap Sekretaris Diarpus Kukar, Aji Yuli Midriani, Senin (25/10/2021).

Bupati juga meminta Atumi tidak hanya digunakan untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD), namun organisasi atau pihak swasta boleh membagikan informasi. Diskusi ini kata Yuli, tak hanya berada di studio saja tapi juga outdoor atau luar ruangan.

“Arsip itu tidak hanya berupa kertas, karena berkomunikasi pun itu juga termasuk arsip verbal karena meninggalkan jejak digital. Ini sebagai bentuk milenial karena semua orang perlu untuk pengenalan arsip,” tuturnya.

Kearsipan itu sifatnya tidak kaku atau tidak sekadar menyimpan dokumen pemerintahan tapi sejarah dan sebagainya. Tidak hanya itu, Diarpus bisa menerima layanan pertanyaan masyarakat apabila ada sejarah yang ingin diangkat. Jika tidak bisa datang ke studio, pihaknya bisa mendatangi ke lokasi langsung.

“Jika mengetahui catatan sejarah semacam tulisan tangan, video atau foto laporkan saja ke Diarpus Kukar. Nanti akan ditindaklanjuti kembali,” tutupnya. (Dha/Adv)

Leave a comment