Disdamkarmatan Kukar Terus Tingkatkan SDM Petugas Pemadam

0 1,476

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Sumber daya manusia Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus ditingkatkan. Salah satunya mengirimkan petugas pemadam megikuti pendidikan dan pelatihan.

Kepala Disdamkarmatan Kukar, Fida Hurasani, menyatakan komitmen mereka dalam mengembangkan kemampuan personel pemadam kebakaran melalui berbagai pelatihan yang standar dan bertahap.

“Kita terus berusaha tingkatkan SDM, tahun 2023 kemarin ada 70 personel Pemadam 1 yang kami ikutkan diklat di Pusdiklatkar Ciracas Jakarta, dan itu standar ya,” kata Afe sapaan akrab Fida, Kamis (30/5/2024).

Ia menjelaskan, pendidikan dan pelatihan kabakaran memberikan pembekalan para petugas terhadap standarisasi pemadaman. Selain itu juga, terdapat banyak jenjang dalam profesi pemadam kebakaran, mulai dari pemadam I, pemadam II, Pemadam III, hingga inspektur muda, madya, dan utama.

Pada tahun 2024, Disdamkarmatan berencana kembali mengirimkan 70 personelnya mengikuti pendidikan dan pelatihan tersebut. Dengan harapan ada peningkatan ke grade yang lebih tinggi.

Terlebih, saat ini masih membutuhkan pemadam dengan jenjang inspektur. Dimana, inspektur itu bisa melakukan inspeksi terhadap dunia usaha atau bangunan pemerintah yang akan berdiri atau sudah berdiri, apakah telah memenuhi standarisasi fire protection.

“Tahun ini lagi sibuk-sibuknya Pusdiklatkar, mudah-mudahan ada slot untuk kita ikut pelatihan,” tandasnya. (adv)

Leave a comment