Disdikbud Kukar Gelar Pasemenan Seni dan Budaya Daerah

0 1,384

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Kartanegara (Disdikbud Kukar) menggelar Pasemenan Seni dan Budaya Daerah. Plt Asisten III Setkab Kukar Sukotjo membuka kegiatan tersebut yang ditandai pemukulan gong, di Ballroom Grand Elty Hotel Singgasana Tenggarong pada Senin (22/11/2021) pagi.

Kadis Dikbud Kukar,  Thauhid Afrilian Noor mengatakan festival ini bentuk upaya terus menjaga budaya yang sudah ada di Kukar. Ada banyak budaya Kukar yang harus  dibenahi dan inventarisasi mulai dari yang kecil sampai yang besar.

“Masih banyak masyarakat Kukar sendiri belum mengenal dengan baik seperti bahasa, tulisan, seni tari, kesenian dan lain sebagainya. Hal ini tentunya salah satu tugas Disdikbud untuk menginventarisasi,” ungkapnya.

Muatan lokal menjadi salah satu yang akan dilaksanakan, ada Peraturan Bupati (Perbup) terkait bahasa Kutai wajib dipelajari semua peserta didik agar terus tumbuh dan berkembang menjadi ciri khas Kukar.

“Apalagi dalam menghadapi Ibu Kota Negara (baru), jangan sampai budaya Kukar akan hilang tergilas oleh kemajuan zaman, yang semakin membuat budaya kita tersingkirkan,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Asisten III Setkab Kukar Sukotjo mengatakan, Pemkab Kukar sangat mendukung kegiatan yang menjadi wadah pembinaan bagi seniman, baik itu seni musik, tari, teater, maupun seni rupa.

Menurutnya, sudah selayaknya upaya pembinaan dan pelestarian seni budaya yang ada di Kukar ini dilakukan terus menerus yang menjadi tugas bersama seluruh stakeholder.

“Disdikbud juga harus bisa mewadahi bagi pelaku seni kita untuk terus berkarya dan berkarya,” katanya mengakhiri. (Dha/Adv)

Leave a comment