Diskominfo Kota Samarinda Gelar Uji Konsekuensi Tahun 2022

0 1,339

Kaltimpedia.com, Samarinda – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Samarinda sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) kembali menggelar uji konsekuensi informasi untuk seluruh Badan Publik. Uji konsekuensi ini berlangsung di ruang Karangasam, Lantai II Balaikota, Selasa (08/11/2021) pagi.

Kepala Dinas Diskominfo Samarinda Aji Syarif Hidayatullah menjelaskan jika kegiatan ini harus dilakukan karena sesuai dengan perundang-perundangan yang berlaku. Sebelum menetapkan suatu informasi sebagai informasi publik yang dikecualikan, maka PPID berkewajiban untuk melakukan pengujian konsekuensi berdasarkan undang-undang nomor 14 tahun 2008, tentang keterbukaan informasi publik.

“Jadi PPID di setiap badan publik wajib melakukan pengujian tentang konsekuensi. Secara seksama dan penuh penelitian sebelum informasi publik dikecualikan tadi dinyatakan bisa diakses oleh setiap masyarakat,” ungkapnya.

Adanya uji konsekuensi, ungkap Dayat, nantinya dapat menyamakan persepsi dan memberikan pelayanan permintaan informasi kepada masyarakat yang membutuhkan. Menyamakan persepsi tentang data. Data mana yang boleh diberikan kepada publik dan data mana yang bentuknya rahasia.

“Karena itu kita perlu menyaring informasi. Mana yang perlu di konsumsi publik, mana yang perlu di rahasiakan,” Kata Dayat.

Sementara itu Kepala Bidang Pengelolaan Pelayanan Informasi, Euis Eka Aprilyani mengatakan Di era keterbukaan informasi ini kehadiran PPID diharapkan mampu menjembatani masyarakat untuk memperoleh informasi. Dengan adanya keterbukaan informasi publik, tentu ada tuntutan kesiapan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat,” pungkasnya.

“Harapan saya untuk PPID pelaksana di seluruh Kecamatan se-Kota Samarinda yang hadir hari ini kedepan hasilnya bisa mendatangkan manfaat khususnya dalam memberikan pelayanan untuk warga kota,” tutup Euis. (fa/adv)

Leave a comment