Diskominfo Kukar Gelar Rakor PPID, Aplikasi Srikandi dan Lobiku Diharapkan Jadi Lumbung Informasi Pelayanan Publik

0 1,802

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Optimalkan Digitalisasi terhadap pengelolaan informasi dan peningkatan sumber daya manusia (SDM). Dinas Komunikasi dan Informatika Kutai Kartanegara (Diskominfo Kukar) mengelar rapat koordinasi pejabat pengelolaan informasi dan dokumentasi (PPID) se-Kukar, Kamis (03/11/2022).

Rakor yang dibuka oleh Asisten III Setkab Kukar, Totok Heru Subroto ini, mengikat tema “Dengan Transformasi Digital KitaTingkatkan Pelayanan Informasi Publik di Kabupaten Kukar”.

Dia mengatakan, dalam UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik adalah kewajiban yang harus dilaksanakan, sehingga dalam pelaksanaannya tentu saja harus didasarkan pada fondasi penataan arsip yang memiliki standar baku.

Keterbukaan informasi pada era digital dengan perkembangan teknologi informasi serta gerakan reformasi yang terjadi di Indonesia. Maka tidak ada pilihan selain mengikuti perubahan.

“Diantaranya dengan meningkatkan SDM yang berkualitas serta menciptakan karya dan inovasi baru dalam dunia teknologi digital saat ini,” kata Totok.

Ia menyebutkan, pelaksanaan tupoksi pada sebuah institusi akan menghasilkan dokumen yang harus dikategori, disusun dan ditata, serta disimpan baik secara fisikal ataupun secara digital pada server atau cloud system. Oleh karena itu, di masa digital seperti saat ini tentunya banyak pekerjaan yang semakin mudah dilakukan dengan prinsip efektifitas, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas.

Keterbukaan informasi publik yang dilaksanakan dalam media digital adalah solusi konkrit yang sudah semakin familiar dilakukan.

“Yakni dengan konstruksi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE yang menjadi platform pemerintahan kita,” tambahnya.

Totok berharap, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa memberikan layanan helpdesk sebagai upaya percepatan pelaksanaan pelayanan informasi. Aplikasi Srikandi milik Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpur) dan Lobiku Diskominfo dapat diintensifkan dan jadi lumbung data informasi pelayanan publik yang berkualitas.

“Saya juga berharap peserta bisa mengikuti dengan baik dan untuk aplikasi Srikandi dan Lobiku bisa memberikan informasi atau data yang benar kepada pimpinan dan juga masyarakat. Sehingga diharapkan masyarakat mampu memberikan saran yang tepat dan bagi pimpinan mampu mengambil keputusan yang akurat,” tutupnya. (Dha/Adv)

Leave a comment