Dua Tahun Absen, Pemkab Kukar Kembali Gelar TIFAF

0 1,484

Kaltimpedia.com Tenggarong –  Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar Tenggarong International Folk Arts Festival (TIFAF) 2022. Pembukaan digelar di Taman kota Raja Tenggarong, Rabu (20/7/2022) malam.

Festival Seni Nusantara Untuk Dunia ini merupakan ajang memperkenalkan khasanah budaya lokal Kutai Kartanegara kepada dunia. Dimana sebelumnya sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, Tenggarong Internasional Folk Arts Festival (TIFAF) akhirnya digelar kembali.

Pembukaan TIFAF dihadiri oleh Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi dan Bupati Kutai Kartanegara,  Edi Damansyah, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Sultan Adji Muhammad Arifin, serta perwakilan CIOFF (Council of International Organizations Folklore Festivals and Folk Arts) dan Perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi menyampaikan dalam sambutannya atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kaltim mengucapkan terimakasih dan bangga atas acara ini.

“Harapan saya dalam acara ini diadakan setiap tahun. Tidak hanya di Kukar, tapi di seluruh Kabupaten/kota di Kaltim. Apalagi dengan Kaltim menjadi IKN, ajang TIFAF diharapkan bisa membuat budaya lokal menjadi lebih dikenal, ”ucapnya.

Sementara, Bupati Edi Damansyah mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi para peserta yang mewakili daerahnya.

“TIFAF sendiri merupakan festival yang telah ditetapkan oleh Pemkab Kukar dan masuk dalam kalender event nasional, juga kalender even Pemda. Keberadaan TIFAF sudah delapan tahun, pemkab bekerja sama dengan CIOFF dan menjadi penghubung dengan pihak mancanegara,” beber Edi.

Ditambahannya, Event TIFAF ini diharapkan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara, nasional, dan lokal untuk datang ke Kukar sehingga berdampak pada perekonomian.

Diketahui, TIFAF 2022 berlangsung dari tanggal 20 – 24 Juli 2022 dengan menampilkan penampilan kesenian Nusantara setiap malamnya di Panggung Stadion Rondong Demang, Lapangan Basket Timbau, dan Street Performance di Ampiteater Bawah Jembatan pada sore hari. (Adv/aji/Kominfokaltim)

Leave a comment