Gelar Sidak di Samboja, Muhammad Samsun Minta Proyek Pipanisasi Gas Sinkron dengan Perbaikan Badan Jalan

0 1,257

Samarinda, Kaltimpedia.com – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun, meninjau langsung Proyek Strategis Nasional berupa pengerjaan pipa gas sepanjang 78 kilometer dari Senipah, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara menuju Kota Minyak, pada Minggu, 30 Oktober 2022.

Inspeksi mendadak (Sidak) tersebut dilakukan poltikus PDI-P itu menindaklanjuti keluhan warga terkait jarak galian pipa gas dengan proyek badan jalan yang tengah dikerjakan oleh Dinas PUPR-Pera Kaltim. Adanya pengerjaan pipanisasi oleh PT PGN Solution melalui sub kontraktornya PT CPM, berpotensi membuat longsoran di badan jalan tersebut.

“Galian pipa mestinya agak menjauh dari badan jalan. Kalau saya lihat dari beberpa kritik, ini terlalu mepet. Sehingga galian tersebut longsor dan merusak kondisi jalan,” ucap Samsun kepada awak media.

Akan hal tersebut, Samsun tuturkan kedua proyek yang tengah dikerjakan itu harus dilaksanakan secara sinergis. Ia pun meminta agar seluruh pihak saling memahami. Jangan sampai, masyarakat yang kemudian dirugikan.
“Jalan ini dibangun rakyat, supaya masyarakat juga menikmati jalan yang lebih nyaman,” lanjutnya.

Terutama bagi kontraktor pengerjaan pipa gas, lanjut dikatakan Samsun agar meninjau kembali proyek strategis nasional ini. Berdasarakan standar operasional prosedur, sebut dia, paling minimal jarak galian pipa dengan badan jalan adalah 1,5 meter.

“Yang sudah digali ini ditimbun saja, tanpa ada pengerasan. Jadi saya minta kontraktor untuk melakukan perbaikan lagi,” tuturnya.

Akan hal tersebut, Samsun mengharapkan untuk sementara ini masyarakat atau pengguna jalan lebih berhati-hati.

“Termasuk, angkutan alat berat tak melalui jalur Balikpapan Muara Jawa. Karena masih dalam proses pengerjaan (jalan dan galian pipa gas),” pungkasnya. (adv/fa/dprdkaltim)

Leave a comment