Guru Yang Belum Sarjana akan terima Beasiswa

0 2,040

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Dari sekitar 11 ribu tenaga kependidikan yang tersebar di seluruh penjuru Kutai Kartanegara (Kukar),  tidak semuanya memiliki gelar Sarjana Strata-1 (S-1). 

Sehingga Pemkab Kukar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud)  mendorong agar para guru melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi.

Pada program dedikasi Bupati-Wabup Kukar, Edi Damansyah-Rendi Solihin telah menyiapkan beasiswa 1.000 guru supaya memiliki gelar S-1. Ini sebagai bentuk komitmen Pemkab Kukar membantu biaya kuliah para guru yang selama ini memiliki sejumlah kendala.

Plt Kadisdikbud Kukar,  Slamet Hadirahajo mengatakan, pihaknya sudah mendorong tenaga kependidikan untuk menempuh pendidikan dibangku kuliah. Salah satu tujuannya adalah agar  dapat meningkatkan standar pelayanan minimal pendidikan hingga menunjang mutu pendidikan.

“Adanya beasiswa dari pemerintah kabupaten, kami mendorong guru yang belum gelar S1 untuk segera melanjutkan,” ungkap Slamet, Senin (25/10/2021).

Berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang  Guru dan Dosen yang mensyaratkan kualifikasi guru harus berpendidikan D-IV atau S1 telah mendorong peningkatan kualifikasi guru. 

Kemudian dalam Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi dan kompetensi guru menyebutkan, setiap guru wajib memenuhi standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru yang berlaku secara nasional.

“Beasiswa 1.000 guru, akan dilakukan secara bertahap dikarenakan proses pendataan terlebih dahulu. Saat ini sudah ada guru yang menjalani perkuliahan,” ujar Slamet.

Dia menambahkan, beasiswa akan diberikan kepada pemerintah saat mereka pertama kali mengikuti perkuliahan hingga wisuda atau delapan semester. Apabila empat  tahun tak kunjung selesai maka pemerintah tak lagi menanggung biaya perkuliahan. 

“Jika selama 4 tahun belum lulus juga maka biaya selanjutnya akan ditanggung oleh para guru sendiri,” teganyanya. (Dha/Adv)

Leave a comment