Jaringan Internet Tersedia, Bansos Cukup Lewat HP

0 1,983

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Kepala Dinas Sosial Kutai Kartanegara (Kukar), Hamly mengungkapkan Kalimantan Timur menjadi salah satu dari tujuh provinsi yang melaksanakan uji coba tranformasi digital penyaluran bantuan sosial.

Dari Kaltim, pemerintah memilih Kukar dipilih menjadi lokasi khusus (Lokus) uji coba tersebut.

Hamly menjelaskan, selama ini bantuan disalurkan secara manual, misalnya bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masih mengunakan kartu, jadi mereka akan datang ke agen-agen untuk penyalurannya. Namun dengan adanya tranformasi digital penyaluran, kedepan cukup mengunakan handphone.

“Tidak perlu lagi ke agen-agen cukup lewat aplikasi di Hp saja, jadi tinggal mengambil atau diantarkan ke rumah bahan pokok yang menjadi jatah mereka,” ujar Hamly pada Jumat (5/11/2021).

Dia menambahkan, aplikasi nantinya akan terintegrasi artinya tidak hanya bantuan sosial di PKH dengan sembako. Tapi bisa juga seperti subsidi elpiji ataupun subsidi listrik. Bantuan ini seluruhnya berasal dari pemerintah pusat semua, bukan berasal dari APBD Kukar.

Di Kukar ada dua kecamatan yang menjadi lokus uji coba yakni Desa Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan dan Desa Margahayu Kecamatan Loa Kulu. Penunjukannya langsung dari pusat karena melihat dari adanya fasilitas BRIink dan jaringan internet. Jika, jaringannya bagus maka memudahkan untuk uji cobanya.

“Kemarin sudah saya sampikan kalau jaringannya sudah bagus, sebaiknya semuanya memakai aplikasi itu, memudahkan sekali memang,” ungkap Hamly mengakhiri.(dha)

Leave a comment