Jelang Pemilu 2024, Pemprov Kaltim Siap Sukseskan Tahapan Pemilu

0 1,649

Kaltimpedia.com, Samarinda – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Sri Wahyuni menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim siap melaksanakan arahan Presiden Joko Widodo agar pemerintah daerah mendukung proses tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Minggu yang lalu Badan Kesbangpol membuat kegiatan sosialisasi bersama dengan ormas terkait dengan persiapan penyelenggaraan pemilu,” ungkap Sri kepada awak media, Rabu (11/5/2022).

Ia menjelaskan dalam sosialisasi tersebut pihaknya menyampaikan seperti yang disampaikan oleh pemerintah pusat bahwa pemilu tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwalnya.

Sebagai informasi, belum lama ini sempat terjadi pro dan kontra di masyarakat terkait isu penundaan pemilu serta penambahan masa periode jabatan untuk Presiden Joko Widodo.

Namun, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menegaskan bahwa pemilu dan pilkada 2024 akan tetap digelar sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

Tak hanya Kemendagri, Presiden Joko Widodo berkali-kali juga sudah menegaskan bahwa pemilu akan digelar sesuai konstitusi.

“Jadi hiruk pikuk yang di luar itu supaya tidak mempengaruhi kondisi masyarakat untuk bersiap menyongsong pemilu 14 Februari 2024 untuk pemilu presiden dan 27 November 2024 untuk pemilihan kepala daerah,” jelasnya.

Lanjut Sri, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim melalui Badan Kesbangpol juga akan mulai melakukan pengalokasian anggaran untuk persiapan pelaksanaan pemilu pada tahun 2024.

“Nanti ke depan kami juga ada bantuan untuk partai politik, itu juga dialokasikan lewat Badan Kesbangpol,” pungkasnya. (Aji/Adv/Kominfokaltim)

Leave a comment