Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda Sri Puji Astuti Tanggapi Persoalan Sekolah Negeri Lebih Diminati

0 1,652

Kaltimpedia.com, Samarinda – Mensekolahkan putra-putri kesayangan di sekolah terbaik adalah impian setiap orang tua, mereka berusaha sekuat tenaga agar putra putrinya bisa unggul dalam segala prestasi akademik dan non akademik.

Beragam alasan para murid dan orang tua agar bisa bersekolah di sekolah negeri, Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda Sri Puji Astuti mengatakan bahwa siswa dan siswi Sekolah Dasar diyakini dapat tertampung di sekolah SMP yang ada di Samarinda, baik sekolah negeri maupun swasta.

“Daya tampung sekolah sebenarnya sudah pas, yang lulusan ini masuk ke SMP,” pungkasnya.

Salah satu alasan banyaknya orang tua yang menyekolahkan anaknya ke sekolah negeri adalah menganggap bahwa sekolah di negeri maka biaya pendidikan terjangkau, serta fasilitas yang tidak kalah dengan sekolah swasta.

“Sekolah negeri saat ini memang menjadi pilihan favorit orang tua untuk menyekolahkan anaknya, alasannya adalah biaya pendidikan di sekolah negeri lebih terjangkau,” pungkasnya.

Selain itu Puji juga mengaku di setiap tahunnya pasti ada saja permasalahan terkait penerimaan siswa baru, dan dirinya juga mengkhawatirkan jika permasalahan tersebut terus berlangsung maka akan ada sekolah negeri yang nantinya tidak sanggup menampung siswa lagi.

“Untuk daya tampung sekolah sebenarnya sudah pas yang lulusan masuk ke SMP. Ini semua sudah tersedia, cuma kadang memang orangtua itu menuju ke sekolah negeri,” katanya.

Ditengah maraknya orang tua yang menginginkan anaknya bersekolah di negeri Puji mengungkapkan bahwa sekolah swasta sebenarnya memeliki kelebihan tersendiri dibandingkan sekolah negeri.

“Mulai dari tingkat PAUD sampai SMP sudah cukup sebenarnya. Tapi kadang-kadang orangtua tidak melirik . Kalau pun ada orangtua siswa melirik sekolah swasta, maka dia meyakini ada keunggulan di sekolah tersebut,”. pungkasnya. (Adv/fa)

Leave a comment