Komisi II DPRD Kaltim Apresiasi Bapenda Kaltim Tingkatkan PAD

0 2,113

Samarinda, Kaltimpedia.com – Kinerja Badan Pendapatan Asli Daerah (Bapenda) Kaltim diapresiasi oleh Komisi II DPRD Kaltim dalam hal peningkatakan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Nidya Listiyono mengungkapkan, meningkatnya PAD oleh Bapenda Kaltim terutama di sektor perpajakan. Seperti yang dilakukan Bapenda Kaltim pada Senin, 10 Oktober 2022. Dengan menggelar pengundian pemenang taat pajak kendaraan bermotor tahun 2022. Acara ini untuk mengapresiasi bagi warga Kaltim yang taat membayar pajak tepat waktu.

“Alhamdulillah, Ibu Ismiati selaku kepala Bapenda selalu hadir. Ini untuk menyebarluaskan informasi bahwa pertama bayar pajak mudah, kedua ada hadihnya, ada kelonggarannya. Ini yang kemudian membuat masyarakat paham pentingnya membayar pajak,”terang Tio, panggilan akrabnya usai acara.

Peran DPRD Kaltim sendiri, lanju Tiyo sapaan politisi Partai Golkar tersebut, untuk membantu Bapenda Kaltim pihaknya terus melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) perihal pajak kendaraan bermotor kepada masyarakat.

Meskipun kinerja Bapenda Kaltim sudah dinilai baik, kendati Tiyo masih menunggu terobosan anyar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kaltim ini untuk lebih progresif. Ia mengungkapkan, pihaknya mendapatkan kabar bahwa Bapenda Kaltim akan menggunakan paperless (tanpa kertas) untuk penerbitan STNK.

“Ada terobosan baru terkait STNK itu sekarang paperless. Tapi pertanyaannya ini karena berkaitan dengan beberapa pihak, salah satunya dengan Polri. Nah Polri mau tidak kemudian wajib pajak itu bisa diprint sendiri,”katanya.

Akan hal tersebut, Tiyo berharap rencana itu akan diwujudkan karena akan memudahkan bagi warga membayar pajak kendaraan bermotor secara daring atau online. (fa/adv/dprdkaltim)

Leave a comment