Komitmen Sejahterakan Nelayan, Bupati Kukar Salurkan Bantuan Alat Tangkap Ramah Lingkungan di Muara Kaman

0 1,923

Kaltimpedi.com, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) berkomitmen untuk mensejahteraakan masyarakat terutama kelompok nelayan. Salah satu upaya dilakukan yakni memberikan bantuan sarana prasarana yang dibutuhkan.

Pada Minggu (16/10/2022) lalu, Bupati Kukar Edi Damansyah turut menyerahkan bantuan nelayan kepada kelompok usaha bersama (KUB) di Lapangan Tugu Muara Kaman, Kecamatan Muara Kaman. Kemudian dilanjutkan dengan deklarasi pelestarian ikan dan lingkungan dengan menggunakan bahan tangkap ramah lingkungan.

Edi berharap pernyataan deklarasi bisa diwujudkan saat melakukan aktivitas penangkapan ikan untuk tidak menggunakan alat-alat terlarang. Alat tangkap kawat tempirai, suatu langkah supaya tidak menggunakan alat beraliran listrik, racun dan sebagainya. Oleh karenanya, mari seluruh masyarakat dan KUB untuk menjaga pelestarian perairan, sehingga tetap dengan kondisi aman dan terjaga.

“Kesadaran harus tumbuh disetiap masing-masing individu agar bisa menjaga wilayah perikanan dengan baik agar tidak punah. Siapa lagi yang menjaga kalau bukan dari masyarakatnya sendiri, tolong saling mengingatkan nantinya,” tegasnya.

Dalam RPJMD 2021-2026, Pemkab Kukar akan menyalurkan bantuan dalam rangka penguatan program 25 nelayan yang produktif. Hal ini juga mendapat dukungan dan berkolaborasi bersama DPRD Kukar, wujudkan harapan tersebut.

Edi menjelaskan, bantua akan diberikan secara bertahap kepada setiap nelayan di Kukar. KUB yang telah menerima, diharapkan dipelihara dan digunakan sebaik-baiknya. Disamping memfasilitasi, pemerintah juga mendorong kelompok nelayan aktif membangun kemandiriaan.

“Program Kukar Idaman yang terus berjalan ini menyasar kepada semua kelompok nelayan di kukar salah satunya di Muara Kaman, pemberian ini kami lakukan secara bertahap dan bergantian,” tutupnya. (Dha/Adv)

Leave a comment