Pemdes Loh Sumber Dorong Kawula Muda Terjun di Pertanian

0 1,037

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Pemerintah Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu terus berupaya mendorong kawula muda untuk terjun di sektor pertanian. Langkah ini diambil, lantaran masih banyak pemuda yang ingin bekerja di perusahaan pertambangan. Apalagi Kecamatan Loa Kulu dikelilingi sejumlah perusahaan batu bara.

Kepala Desa (Kades) Loh Sumber, Sukirno ingin merubah pola pikir atau mindset para pemuda yang ingin bekerja di pertambangan, karena gaji atau pendapatan yang lebih besar.

Menurutnya, masih banyak potensi atau peluang yang selama ini belum dimanfaatkan dengan maksimal, salah satunya pertanian dalam arti luas. Pemdes juga tengah mengodok rencana untuk mengajak para pemuda terjun pertanian.

“Kita ingin mengubah pola pikir pemuda sekarang, yang setiap lulus sekolah ingin kerja di tambang. Namun setelah tambang ada apa? Makanya kami perkenalkan konsep pertanian dalam arti luas,” kata Sukirno, Kamis (9/11/2023).

Loh Sumber sendiri memang dikenal sebagai desa yang dikenal fokus di sektor pertanian. Salah satunya adalah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Purnama. Yang telah memproduksi beras khas Kukar, yakni Beras Cap Tugu. Juga program Sinar Purnama yang hadir untuk memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada petani. Juga permodalan dan asuransi dari pengolahan hingga pasca panen.

Adapun peningkatan infrastruktur pertanian terus dilakukan untuk meningkatkan produktivitas petani. Semua upaya ini untuk menyambut masa yang akan datang.

Terlebih dengan ditetapkannya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Sudah seharusnya Kukar sebagai mitra IKN bersiap menyambutnya. Paling tidak sebagai penyedia pangan ibukota Negara tersebut.

“Kita ingin pertanian ini menjadi tolok ukur kita dan menghasilkan nilai ekonomis yang tinggi. Dengan adanya IKN pasti akan nada urbanisasi, kita harus persiapkan SDM sebagai pemilik lahan, dan ini yang perlu kita siapkan, pemanfaatannya,” tandasnya. (adv)

Leave a comment