Pemkab Kukar Ikuti Rapat Sosialisasi Kepmen ESDM Tentang Ketentuan Penawaran PI 10 persen

0 1,047

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) mengikuti rapat sosialisasi bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral secara virtual di ruang Vicom Kantor Bupati pada Kamis (6/10/2022).

Sosialisasi terhadap Keputusan Menteri (Kepmen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 223.K/MG.01/ MEM.M/2022 tentang Pelaksanaan Ketentuan Penawaran Participating Interest (PI) 10 persen Kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi.

Perwakilan Ditjen Migas Kemen ESDM Barkun Suko mengatakan, sosialisasi Kepmen dilakukan untuk mengoptimalkan peran daerah dan nasional melalui kepemilikan PI 10 persen dalam Kontrak Kerja Sama. Sebagaimana diatur dalam Permen ESDM Nomor 37 Tahun 2016 tentang ketentuan penawaran Participating Interest (PI) 10 persen pada wilayah kerja Minyak dan Gas Bumi.

“Tentunya untuk kepastian hukum dan peningkatan daya tarik investasi kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi,” kata Barkun

Latar belakang Kepmen ini diantaranya, berdasarkan kekhawatiran banyaknya proses penawaran PI 10% yang terhambat, karena KKKS tidak bersedia menawarkan atau mengulur proses. Untuk itu, agar dibuat pengaturan mengenai sanksi untuk KKKS dan tata waktu yang lebih tegas.

“Disini SKK Migas dan BPMA melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap penawaran atau pelaksanaan PI 10 persen,” tambahnya.

Berdasarkan pengawasan dan pengendalian, terdapat kondisi yang menyebabkan terhambatnya atau tidak terlaksananya proses penawaran. Maka SKK Migas atau BPMA memberikan rekomendasi kepada Menteri ESDM berupa usulan tindak penyelesaian. (Dha/Adv)

Leave a comment