Pentingnya Pengetahuan Layanan Dasar Pengasuh Di Panti, Dinsos Kaltim Gelar Bimbingan

0 1,731

Kaltimpedia.com, Samarinda – Peran seorang pengasuh dalam sebuah panti sangatlah penting, dikarenakan hal tersebut bersentuhan langsung dengan jompo, lansia, anak-anak yang tingga di dalam panti, sikap serta prilaku pengasuh akan sangat mempengaruhi aktifitas panti.

Dinas Sosial melalui Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Menggelar Kegiatan Bimbingan Layanan Dasar Pengasuhan Dalam Panti pada, Rabu (02/2/2022).

Kadis Sosial Kaltim HM Agus Hari Kesuma atau dikenal dengan sapaan (AHK) Menyebutkan bahwa dalm panti perlu memerhatikan waktu pengasuh dalam memberikan pelayanan, panti yang siaga akan memerhatikan waktu 24 jam yang diakumulasi oleh beberapa pengasuh.

“Oleh karena itu, perlu untuk adanya jadwal pengasuhan selama 24 jam dalam sehari,” ucap AHK, dikutip dari Dinsos Kaltim.

Pengasuh perlu memerhatikan aktifitas kegiatan panti dalam sebuah asuhan yang tertuang dalam sebuah catatan, catatan harus berkesinambungan kepada pengasuh lainnya, sehingga catatan tersebut nantinya bisa digunakan untuk evaluasi terutama untuk data tumbuh kembang anak.

“Khusus untuk panti sosial anak dalam pengasuhan minimal ada 1 pengasuh untuk 5 anak yang disesuaikan dengan kategori perkembangan anak,” pungkas AHK.

Terakhir AHK berharap pelayanan dasar pengasuh untuk panti perlu diperhatikan pemilik panti, melalui bimbingan yang diselenggarakan Dinas Sosial Kaltim, dirinya mengungkapkan bahwa pengasuh baru maupun lama nanti bisa paham mengenai layanan dasar.

“semoga melalui kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang baik untuk kita semua,” tutupnya. (kmf/adv/fb)

Leave a comment