Perikanaan Jadi Primadona bagi Warga Desa Pulau Harapan Kukar

0 1,988

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Pulau Harapan salah satu desa di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang berdampingan dengan sungai mahakam. Tak heran jika perikanan yang menjadi potensi unggulan dan primadona bagi warga.

Ratusan kepala rumah tangga di Desa Pulau Harapan mengantungkan kebutuhan sehari-harinya dari hasil budidaya hingga tangkapan ikan di Sungai Mahakam. Bahkan, puluhan kelompok perikanan telah terbentuk.

“Sektor perikanan telah berkembang pesat, dengan 33 kelompok perikanan yang berkontribusi pada peningkatan perekonomian masyarakat,” kata Sekretaris Desa Pulau Harapan, Yeswady, Senin (20/11/2023).

Produktivitas yang meningkat ini tak terlepas peran Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) yang secara aktif memberikan bantuan sarana prasarana bagi nelayan dan pembudidaya. Seperti bantuan peralatan mesin, perahu, alat tangkap, peralatan budidaya, dan pakan ikan.

Kendati demikian, masih ada sejumlah kendala yang kerap dihadapi masyarakat. Yakni permasahalan harga ikan yang fluktuasi terutama ketika panen raya.

Yeswady berharap, selain bantuan sapras. Nelayan dan pembudidya juga diberikan pelatihan dan pembinaan untuk mengolah ikan menjadi berbagai produk olahan yang memiliki daya saing di pasaran.

“Kami berharap kedepan ada pelatihan dan pembinaan dari pemerintah untuk mengolah hasil ikan menjadi olahan yang bisa meningkatkan penghasilan dari masyarakat,” tandasnya. (adv)

Leave a comment