Perkuat Identitas Nasional, Samsun Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan

0 1,894

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Dalam upaya untuk memperkuat identitas nasional dan memupuk rasa persatuan di tengah masyarakat, telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Aula Al -Hidayah Mesjid Hayyun Mubarok, Jalan Penyinggahan Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong. Senin (20/11/2023) malam.

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menggalang kesadaran masyarakat akan empat pilar utama yang menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Acara ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan sejak dini, sehingga generasi muda dapat menjadi agen perubahan yang memiliki cinta tanah air.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya pemahaman akan 4 Pilar Kebangsaan sebagai pondasi kuat dalam membangun negara yang berdaulat, adil, dan makmur. Beliau juga mengajak seluruh peserta untuk bersama-sama menjaga keutuhan dan keberagaman Indonesia.

Selanjutnya Samsun menyampaikan bahwa kerukunan dan kecintaan terhadap NKRI sebagai identitas bangsa harus sama-sama dijaga.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memupuk rasa kecintaan kita terhadap bangsa, memperkuat silaturahmi agar tidak terpecah belah,” ungkap samsun.

Acara sosialisasi dilaksanakan melalui berbagai kegiatan interaktif, seperti diskusi secara langsung. Materi yang disampaikan melibatkan narasumber ahli dan tokoh masyarakat yang memiliki pemahaman mendalam tentang nilai-nilai kebangsaan. Peserta juga diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan pandangan terkait kebangsaan.

Salah satu peserta, Wartono, menyatakan, “Sosialisasi ini membuka mata saya tentang pentingnya mengenali dan mencintai warisan kebangsaan. Saya berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan agar semakin banyak generasi yang memiliki kesadaran akan tanggung jawab sebagai warga negara.” ujarnya.

Kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini diharapkan dapat merangsang semangat kebangsaan dan patriotisme di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda. Dengan pemahaman yang kuat terhadap 4 Pilar Kebangsaan, diharapkan masyarakat Indonesia dapat bersama-sama menjaga persatuan, toleransi, dan keberagaman untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan maju. (adv)

Leave a comment