Pulihkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Samarinda Jadi Tuan Rumah Rakornis Pariwisata Se-Kaltim Tahun 2022

0 2,482

Samarinda – Rapat koordinasi teknis (rakornis) digelar sebagai salah satu langkah untuk pulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dilaksanakan di Hotel Haris Samarinda pada Senin (14/3/2022).

Dalam kegiatan tersebut rakornis diikuti oleh seluruh Dinas Pariwisata se-Kalimantan Timur.

Walikota Samarinda Andi Harun menyampaikan dalam sambutannya sudah saatnya setiap daerah di Kalimantan Timur saling bersinergi untuk menyongsong Ibu Kota Negara (IKN) dan memanfaatkan potensi alam yang ada, terlebih mengambil peran dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Ekraf).

“Kita harus menyambut baik dengan persiapan yang matang program pusat dalam memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif,” ucapnya.

Ditengah pandemi Covid-19 yang sudah mulai terkendali Andi Harun dalam sambutan Rakornis menyebutkan bahwasannya Kabupaten dan Kota di Kalimantan Timur harus bekerja sama untuk terus mendorong peningkatan dan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk kesejahteraan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini saya berharap dapat menjadi ajang tukar informasi dan pengalaman, bersinergi, dan berkolaborasi, dalam rangka meningkatkan kinerja dan komitmen kita yang bertujuan mendorong peningkatan sektor Pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Kalimantan Timur,” Jelasnya.

Masih dalam lokasi yang sama, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kaltim Sri Mulyani mengatakan bahwa Rakornis ini sebagai tempat untuk bersilaturahmi kepala daerah yang menangani ekraf di setiap daerah sehingga update kondisi di setiap daerahnya bisa saling memberikan informasi.

“Untuk selain bersilaturahmi, kita juga dalam Rakernis ini bisa mendapatkan informasi updet yang terbaru tentang situasi terkini,” ungkapnya.

Selain itu Sri Wahyuni Mengatakan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalimantan Timur kedepan akan menjadi sektor yang potensial untuk dikembangkan.

“Kaltim sebagai mitra IKN harus bisa mengambil peluang dan mempersiapkan diri dari sekarang, Sebab potensi ekraf jika dilihat sangat besar untuk dikelola menjadi objek wisata”, Tutupnya. (fa)

Leave a comment