Puting Beliung Landa Permukiman di Samboja, Wabup Kukar Gerak Cepat Salurkan Bantuan

0 1,799

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) langsung bergerak cepat dalam penanganan musibah puting beliung yang menimpa masyarakat di Kelurahan Kuala Samboja, Kecamatan Samboja.

Diketahui, bencana alam puting beliung melanda permukiman warga di tiga RT, yakni RT 3, RT 4 dan RT 16. Musibah tersebut terjadi pada Senin (13/11/2023), sekira pukul 11.48 Wita. Akibatnya, terdapat sekitar 40 rumah warga rusak berat, maupun terdampak kerusakan ringan.

Camat Samboja, Damsik menjelaskan, untuk penanganan awal pasca bencana, pihaknya bersama Pemkab Kukar, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), telah melakukan pendataan serta penyaluran bantuan.

Bantuan tak hanya datang dari pemerintah saja, namun juga berasal dari dana pribadi Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin.

“Bantuan datang dari Pak Wakil Bupati, dan BPBD Kukar. Semua bantuan telah kami salurkan ke warg korban musibah puting beliung,” kata Damsik.

Bantuan yang terhimpun di antaranya 75 karung beras, mi instan 100 dus, air mineral 50 dus, telur 50 pering, terpal, dan jenis bantuan lainnya.

“Mungkin bantuan ini akan terus bertambah,” sambungnya.

Sejauh ini pihaknya belum mendirikan tenda pengungsian, mengingat sebagian besar masyarakat yang menjadi korban memilih untuk bermukim di rumah keluarga, maupun kerabat.

“Rata-rata mereka ke tempat keluarga terdekat,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin turut prihatin atas musibah yang melanda masyarakat di Kelurahan Kuala Samboja. Pemkab Kukar akan melakukan sejumlah upaya terkait penanggulangan bencana tersebut.

“Nantinya akan ada bantuan lainnya, untuk sementara bantuan berupa sembako dan kebutuhan dasar lainnya sudah disalurkan ke masyarakat,” tuturnya.

Ia berharap, masyarakat korban bencana dapat diberikan ketabahan dan kekuatan untuk bangkit.

“Tentu kami harap masyarakat dapat segera bangkit dan dapat menjalankan aktivitas sehari-harinya dengan normal,” tandasnya. (adv)

Leave a comment