Resmikan Fasilitas Air Bersih di Desa Kayu Batu, Pemkab Kukar Komitmen Tuntaskan Kebutuhan Dasar

0 1,874

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Permasalahan kebutuhan air bersih yang terjadi di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) secara perlahan mulai teratasi. Melalui program air bersih desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar secara bertahap menuntaskan persoalan tersebut.

Dalam prakteknya, Pemkab Kukar tak hanya bekerja sendiri, melainkan menggandeng sejumlah pihak untuk mempercepat kebutuhan air bersih, salah satunya dengan Kodim 0906/Kutai Kartanegara. Salah satu bukti nyata kolaborasi tersebut, yaitu pembangunan fasilitas air bersih melalui program TNI Manunggal Air Bersih (TMAB) 2024 di Desa Kayu Batu, Kecamatan Muara Muntai.

Fasilitas air bersih tersebut kini sudah bisa digunakan dan manfaatkan bagi warga setempat. Setelah diresmikan oleh Asisten II Setkab Kukar, Ayhani Fadianur Diani bersama Danrem 091/Aji Surya Natakusuma, Kolonel Inf Priyanto, Sabtu (1/6/2024).

Ayhani menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas bantuan dan dukungan TNI AD dalam proses percepatan pembangunan di Kukar, termasuk dalam memenuhi air bersih masyarakat.

Menurutnya, program air bersih Desa Idaman telah mencapai progres signifikan selama dua tahun terakhir. Dalam pelaksanaannya Pemkab Kukar berupaya berkolaborasi dengan pemangku kepentingan, mulai tingkat desa, perusahaan, juga TNI AD yang manjadi mitra strategis Pemda.

Kemudian mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mengelola air bersih didampingi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis dan Perumda Tirta Mahakam.

Disebutkan Ahyani, sudah banyak dukungan TNI AD untuk pembangunan Kukar, diantaranya pembangunan pertanian dalam arti luas melalui Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) dan Karya Bhakti TNI yang melakukan perbaikan jalan usaha tani, jembatan, gorong-gorong dan sebagainya. Juga dal

Berikutnya, terhadap upaya penanggulangan kemiskinan, seperti rehab rumah tak layak huni, serta penyediaan air bersih TMAB di Desa Lung Anai, Kedang Ipil dan Kayu Batu.

“Pemkab Kukar berharap kolaborasi ini dapat terus ditingkatkan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kayu Batu, Andri Sofyandani mengucapkan terima kasih atas pembuatan sumur bor dari TNI AD yang sudah bisa dimanfaatkan.

Menurutnya Kayu Batu ini ada 7 RT ada satu RT yang letaknya jauh. Sinyal dan air bersih menjadi kebutuhan yang belum terpenuhi.

“Alhamdulillah dengan koordinasi pihak terkait akhirnya bisa terlaksana. Yang bisa membawa harapan masyarakat meningkatkan kualitas hidup dengan adanya air bersih dan menekan stunting. Semoga kedepannya desa lainnya yang belum terjangkau air bersih juga bisa dibantu,” katanya singkat. (adv)

Leave a comment