Road To Swara Kutai menjadi Titik Awal Kebangkitan Musik Lokal

0 1,650

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Talkshow dan Hearing Session Road to Suara Kutai di Gedung Komite Ekonomi Kreatif Kutai Kartanegara (Kekraf Kukar), bertempat di kawasan Central Business District (CBD) pada Kamis (18/11/2021) malam.

Sekretaris Daerah Kukar Sunggono saat pembukaan menyampaikan sambutan tertulis Bupati Kukar Edi Damansyah, sebagaimana visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Antara lain terwujudnya Kutai Kartanegara yang Sejahtera dan Berbahagia.

Pada kesempatan ini, Bupati sangat  mengapresiasi Kekraf Kukar bersama Dinas Pariwisata Kukar yang sudah menginisiasi dan mewujudkan album “Swara Kukar”.

“Terwujudnya karya lagu berbahasa Kutai yang lahir dari kegiatan ini bisa mewujudkan itu, terbukti banyak yang berpartisipasi walau dalam kurun waktu yang cukup singkat,” ungkapnya.

Bukan hal mustahil, seniman yang tergabung dalam album ini akan membuat dan launching album musik berbahasa Kutai masing-masing. Bupati lanjut Sunggono, berharap karya-karya musik lokal tak hanya dinikmati pendengar dari Kukar saja.

Namun bisa tembus hingga ke level nasional seperti halnya lagu-lagu berbahasa Jawa, Sulawesi Utara, ataupun musik-musik dari wilayah timur Indonesia. Menurutnya aransemen hingga lirik musik dalam album ini tak kalah saing dengan musik luar.

“Semoga malam ini menjadi titik awal kebangkitan lagu Kutai untuk bisa berbicara di level nasional. Terbukti dari malam ini menunjukan bahwa Kukar memiliki sangat banyak potensi dari berbagai subsektor ekonomi kreatif, khususnya musik,” harapnya.

Pembukaan Road to Suara Kutai Hearing dirangkai dengan workshop produksi lagu-lagu Pop Kutai Modern bersama Sekda Kukar Sunggono, Ketua Kekraf Kukar Wiyono, dengan narasumber Akbar Haka dan Eenkid,  seniman asal Kukar. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada pemenang album Road to Swara Kutai. (Dha/Adv)

Leave a comment