Rumah Besar di Tenggarong Diusulkan Menjadi Cagar Budaya

0 2,360

Kaltimpedia.com, Tenggarong –  Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) Kalimantan Timur yang dilaksanakan di Kutai Kartanegara (Kukar) resmi dibuka pada Selasa (23/11/2021) malam. Kegiatan ini digelar di Rumah Besar dan Pemkab Kukar juga rencana akan mengusulkan agar menjadi Cagar Budaya di Kaltim.

Dalam sambutan Bupati Kukar yang dibacakan Kadis Dikbud Kukar Thauhid Afrilian Noor mengatakan, Pemkab Kukar  mengapresiasi Balai Pelestarian Cagar Budaya Kaltim yang memilih Kukar untuk menggelar PKN Kaltim 2021.

“Tadi BPCB Kaltim meminta kami untuk segera melengkapi persyaratannya di bulan ini, seperti sertifikatnya, kemudian asal muasal pendirian, tahun kapan, yang mendirikan siapa dan peruntukan dulu untuk apa. ini kami upayakan untuk segera melengkapinya,” kata Thauhid.

Jika persyaratan selesai, bulan Desember sudah bisa mengusulkan Rumah Besar Tenggarong menjadi salah satu Cagar Budaya di Kaltim khususnya di Indonesia. Oleh karenanya, Pemkab Kukar sangar mendorong agar menjadi salah satu situs cagar budaya dan masuk dalam catatan nasional.

“Ini juga bisa menjadi tempat wisata kedepannya di Tenggarong dengan sepenuhnya kita yang mengelola dan bertanggung jawab,” katanya. (Dha/Adv)

Leave a comment