Sekdaprov Kaltim Minta OPD Terkait Massifkan Penguatan PUG di Masyarakat

0 1,763

Kaltimpedia.com,

Samarinda – Penguatan pemahaman terkait istilah pengarusutamaan gender (PUG) ke masyarakat, perlu dilakukan Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim dengan seluruh mitra kerja.
 
Pernyataan itu, disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim, Sri Wahyuni saat menjadi keynote speaker dalam acara Parade Gender dan Webinar Pemberdayaan Perempuan di Ruang Heart of Borneo Kantor Gubernur Kaltim, pada Selasa (26/4/ 2022).
 
“PUG seyogyanya tidak  hanya familiar di kalangan OPD yang menangani pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak saja, tetapi bagaimana istilah ini menjadi populer di masyarakat,” kata Sri Wahyuni.
 
Hal tersebut, menurut Sekda, menjadi PR bersama, tidak hanya DKP3A, tetapi seluruh mitra kerja, bagaimana istilah PUG menjadi populer sehingga mudah dikenali dan dipahami oleh masyarakat. 
 
“Apa sih PUG, mengapa harus ada dan bagaimana menerapkannya,” urainya.
 
Dengan pemahaman masyarakat yang baik mengenai PUG, lanjut Sri Wahyuni, akan dapat menjangkau keterlibatan masyarakat atau publik dalam mendukung PUG.
 
“Jadi bagaimana kita menerjemahkan konsepsi PUG dalam narasi yang populer, sederhana, narasi yang dikenali juga kaum milenial, bukan sesuatu yang asing,” tuturnya.
 
Sekda menyampaikan pengalamannya saat menjadi Plt Kepala DKP3A Kaltim selama dua bulan. Dia mengaku anyak menemukan istilah dan konsep-konsep yang menarik tentang PUG, namun menurutnya masih banyak yang belum dipahami masyarakat.
 
Hadir dalam kegiatan yang bekerjasama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara tersebut, Kepala DKP3A Kaltim Noryani Sorayalita, Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kaltim, Siti Farisyah Yana serta Kepala BPKAD Katim M Sa’dudin. (Kmf/adv/ Aji)

Leave a comment