Sektor Pariwisata di Kaltim Mampu Meningkatkan PAD, DPRD Kaltim, Ely: Jangan Hanya Bergantung Pada Batubara

0 1,297

Samarinda, Kaltimpedia.com – Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Ely Hartati Rasyid mendorong sektor Pariwisata dalam meningkatkan potensi dan memberikan sumbangsih terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap kabupaten kota.

‘Sumber perekonomian di provinsi Kaltim masih di dominasi oleh dari pendapatan tambang batu bara dan kelapa sawit,” katanya, Senin, (17/10/2022).

Menurutnya, Kaltim selama ini bergantung pada sektor batubara dan sawit. Namun, disisi lain potensi Pariwisata Kaltim sangat baik untuk dikembangkan, hanya saja tidak dikelola dengan baik.

“Seluruh kabupaten kota di Kaltim memiliki potensi wisata yang sangat bagus seperti Kabupaten Kukar, Berau, Paser dan beberapa kabupaten lainnya,” ujarnya.

Ia mengatakan, peningkatan dan pengembangan potensi Pariwisata Kaltim akan mampu mempengaruhi peningkatan UMKM pula. “Banyak potensi yang harus digali, hanya saja masih banyak kendala terutama infrastruktur jalan sebagai akses,” ungkapnya.

Ely menerangkan bahwa regulasi sudah tertuang dalam Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi (KSPP). “dalam regulasi itu semuanya sudah jelas dan tertera disitu, jadi tinggal pelaksanaannya dari pihak terkait,” imbuhnya.

Politisi PDI-P itu berharap, pengelolaan yang baik untuk Pariwisata tentunya memerlukan anggaran yang cukup serta adanya peran masyarakat dalam melakukan pengelolaan terhadap wisata daerah masing-masing.

“Ini bukan hanya tugas pemerintah, tetapi perlu penanganan dari semua pihak,” tutupnya. (Fa/adv/DPRDKaltim)

Leave a comment