Terima Kunjungan MKKS SMK PPU, Komisi IV Sambut Baik Aspirasi Peningkatan Mutu Pendidikan

0 942

Kaltimpedia.com, Samarinda – Samarinda-Komisi IV DPRD Kaltim Menerima kedatangan 10 Kepala Sekolah SMK di Penajam Paser Utara (PPU) yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK.

Disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi bahwa pihaknya menyambut baik kedatangan para tenaga pendidik tersebut, Komisi IV juga memberi sejumlah masukan dalam rangka memajukan dan mengembangkan masa depan dan karir guru maupun siswa SMK.

Pertemuan ini juga dihadiri Mutanto Kepala Cabang Dinas Wilayah I yang salah satunya meliputi Kabupaten PPU, sejumlah aspirasi seperti penyiapan tenaga kerja lulusan SMK yang berkaitan dengan adanya IKN, pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK), persiapan menjelang PPDB hingga kendala dalam menjalin kerjasama penerimaan siswa SMK pada perusahaan-perusahaan pun turut disampaikan.

Menanggapi berbagai aspirasi tersebut, Akhmed Reza Fachlevi menyambut positif masukan tersebut. Reza juga mengungkapkan harapannya agar kedepan pengembangan bidang SMK bisa terus diupayakan. Ia juga berharap prestasi dan kompetensi siswa SMK mendapat sambutan baik dibursa kerja.

“Kami berharap kualitas dan mutu pendidikan di SMK terus ditingkatkan, dalam rangka persiapan menyambut IKN, maka dari itu SDM unggul menjadi keharusan bagi Kaltim,” ungkap Reza dihadapan awak media, Senin (14/3/2022).

Sementara itu, Rusman Ya’qub yang juga hadir dalam rapat tersebut juga memberi dukungan dan semangat memajukan SMK. Bahkan menurut Rusman memajukan SMK tak hanya didasari karena adanya IKN, ia juga mendorong dilakukannya revisi perda tentang pendidikan yang menurutnya membatasi ruang gerak sekolah dalam mengembangkan prestasi anak didik.

“Bahkan perlu dilakukan analisa antara peluang kerja dengan jurusan yang tersedia, selain itu berbagai analisa lain juga diperlukan untuk mendapatkan kesimpulan apa yang diperlukan dalam memajukan bidang SMK,” kata Rusman dalam pertemuan yang juga dihadiri perwakilan Dinas Pendidikan Kaltim.

Selain itu, peningkatan kapasitas juga tak hanya bagi siswa saja, namun guru SMK juga harus terus dibekali dengan pengetahuan dan ilmu-ilmu untuk menunjang kapasitas. Hal itu disarankan Rusman mengingat kemajuan teknologi dan industri yang terus berkembang, sehingga guru juga harus terus berkembang menyesuaikan perkembangan zaman. (Kmf/adv/Aji)

Leave a comment