Tim Verifikasi Lomba Ketahanan Pangan, Dari Inovasi Hingga Panen Bersama

0 1,562

Kaltimpedia.com, Samarinda – Tim Verifikasi Lomba Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman ( AKU HATINYA) PKK tingkat Provinsi Kalimantan Timur melakukan verifikasi lapangan di kelurahan Rawa Makmur kecamatan Palaran sebagai peserta yang mewakili kota Samarinda, Rabu (2/11/2022).

Hj Noor Hayati Ibrahim yang juga ketua Pokja III PKK Provinsi Kaltim ini menjadi ketua tim verifikasi dari TP PKK Provinsi Kaltim yang berjumlah 4 orang.

Diterima langsung Wakil Ketua TP PKK Samarinda Hj Herli Warsita Rusmadi didampingi tim ke lokus AKU HATINYA PKK Rawa Makmur di 5 RT, yakni RT 10, RT 12, RT 35, RT 36 dan RT 37, serta membersamai pula Sekcam Palaran Jamalianto, Lurah Rawa Makmur M Yulian Mustofa dan LPM Rawa Makmur Wiyono.

Herli Warsita Rusmadi memberikan apresiasi kepada ketua RT, lurah yang juga ketua PKK Kelurahan Rawa Makmur bersama kader-kader PKK yang ada di Rawa Makmur.

Semua RT, menurut Herli telah melakukan sesuai program AKU HATINYA PKK dan setiap lokus memiliki inovasinya masing-masing.

AKU HATINYA PKK merupakan program yang menggerakkan masyarakat dalam memanfaatkan halaman rumah sekitar atau pekarangan untuk menciptakan ketahanan pangan keluarga melalui tanaman produktif baik hortikultura, buah, bunga, peternakan dan perikanan.

“Selalu kami informasikan kepada kader-kader kami, lomba bukan menjadi tujuan kita. Bukan menjadi tujuan akhir kita. Lomba memang iya, untuk mengetahui sejauh apa capaian yang telah kita peroleh, tapi bukan itu. Namun bagaimana kita terus dan terus berlomba bergerak untuk melakukan perubahan,” ucapnya.

Noor Hayati menuturkan ada aturan dari pusat, setelah mendapat juara tingkat provinsi 1 sampai 3, lokasi ini akan bernama Kampung Hatinya PKK. Sehingga dari kabupaten/kota lain boleh masuk belajar.

Adapun beberapa inovasi mereka diantaranya Gerakan Memanen Air Hujan yang difilter hingga bisa diminum oleh Komunitas Banyu Bening sebagai program ProKlim DLH yang masuk lomba tingkat nasional, Eco Enzym, kompos, bank sampah, pemanfaatan limbah-limbah dan botol bekas sebagai media tanaman sehingga membantu pemecahan persoalan limbah plastik.

Tak hanya melakukan verifikasi, bersama warga tim verifikasi diajak panen bersama, mulai memanen pakcoy, kelengkeng, kembang kol, tomat, cabai hingga madu kelulut. (fa/adv)

Leave a comment