Tingkatkan Sektor Pertanian Kukar Samsun Sosialiasikan Pembagian 20.000 Bibit Alpukat Kepada Petani

0 2,190

Samboja, Kaltimpedia.com – Sering disebut dekat dengan petani Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim Muhammad Samsun kembali turun langsung kelapangan untuk bertemu dengan petani guna mensosialisasikan program pembagian bibit alpukat di Kelurahan Sungai Merdeka pada senin (18/10/2021).

20.000 bibit alpukat nantinya akan disalurkan kepada kelompok-kelompok tani yang ada di Kbupaten Kutai Kartanegara dengan target tersalurkan bulan November dan diketahui pengadaan bibit alpukat tersebut teranggarkan melalui dana aspirasi Muhammad Samsun.

“Bibit 20.000 Untuk Se-Kutai Kartanegara sedangkan di Kelurahan Sungai Merdeka mendapat 2.000 Bibit untuk 2 Kelompok, Insyaallah Bulan Oktober November Sudah Terdistribusikan”. Ungkap Samsun.

Berlatar belakang ingin memberikan penghasilan tambahan dan meningkatkan perekonomian petani Muhammad Samsun akhirnya memilih bibit alpukat sebagai sarana untuk mensejahterakan petani di Kutai Kartanegara.

“Alpukat Di Kalimantan Timur Sebagian Besar di datangkan dari wilayah sulawesi dan jawa, nah kalau kita bisa memproduksi sendiri, kenapa tidak memproduksi sendiri, saya yakin ini bisa menjadikan peningkatan dan penghasilan petani kita” Ungkap Samsun.

Langkah yang digunakan politisi partai PDI Perjuangan Muhammad Samsun ini merupakan sebagai langkah awal untuk program pertanian yang kedepan akan ada program-program mengenai pertanian.

“Insyaallah jika ini berhasil dikembangkan, kedepan akan kita berikan program-program lainnya, yang intinya untuk meningkatkan penghasilan tambahan petani kita”. Tutup Samsun.

Selanjutnya Siswoyo Gapoktan Sungai Merdeka yang sekaligus Ketua Kelompok Tani Tanah Lembur menuturkan dirinya sangat mengapresiasi dan merespon secara baik tentang program pembagian bibit alpukat tersebut.

“Dengan bantuan 20.000 bibit Alpukat se-Kutai Kartanegara tentu kita sebagai masyarakat merasa terbantu sekali dan kita juga akan rawat sampai berhasil”. Pungkas Siswoyo.

Sebagai bentuk dukungan masyarakat terhadap program pembagian 20.000 bibit alpukat, masyarakat untuk saat ini sudah menyediakan lahan di pekarangan rumah yang siap untuk ditanami.

“Untuk lahannya kami sudah siap, dengan kapasitas saat ini dan untuk pemerataan nantinya akan ditanam di pekarangan rumah yang kemudian jika ada bantuan lagi baru akan kita fikirkan untuk perluasan lahan pertaniannya”. Jelas Siswoyo.

Siswoyo juga berharap agar kedepan pemerintah bisa memperhatikan pertanian di Sungai Merdeka, tak hanya bibit, jala usaha tani juga harus diperhatikan oleh pemerintah.

“Selain bibit saya berharap jalan usaha tani juga diperbaiki agar petani bisa dengan mudah mengeluarkan hasil pertaniannya”. Tutup Siswoyo. (fa)

Leave a comment