Wabup Kukar Rendi Solihin Kecewa Pembangunan Irigasi

0 2,019

Kaltimpedia.com — Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin meninjau langsung pembangunan irigasi di Desa Loa Raya, Kecamatan Tenggarong Seberang pada Kamis (21/10/2021). Wabup didampingi Dinas Pekerjaan Umum, Inspektorat, Badan Pembangunan Daerah dan Camat Tenggarong Seberang.

Pembangunan irigasi sepanjang sekitar dua kilometer dengan nilai kontrak kisaran Rp 5,9 miliar ini bersumber dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK). 

Namun Rendi kecewa dengan hasil di lapangan, setelah melihat dokumen dan proses administrasi ternyata progres pembangunan baru mencapai 20 persen, artinya ada deviasi minum 60 persen. 

“Kegiatan ini berjalan sejak akhir bulan Agustus hingga saat ini, tidak sesuai progresnya. Sedangkan akhir pekerjaan sampai pertengahan Desember, jadi masih ada 1,5 bulan yang harus dituntaskan,” ujar Rendi pesimistis.

Wabup turun langsung ke lapangan untuk memberikan penekanan kepada pihak kontraktor dsan pengawas untuk meningkatkan progresnya.

“Jujur kami melihat sebagai orang awam itu pesimis. Dengan 1,5 bulan berjalan baru 20 persen dan 1,5 bulan harus menyelesaikan 80 persen dan itu bagaimana mungkin bisa terselesaikan”. Ungkap orang nomor dua di Kukar ini.

Dari peristiwa ini, pihaknya meminta dinas terkait harus benar-benar memantau dan mengevaluasi kegiatan pada periode tahun ini.

Rendi menjelaskan jangan sampai ada bangunan atau pekerjaan yang mangkrak. Ia ingin jangan ada bangunan dan pekerjaan yang stagnan. Oleh karenanya, ini menjadi dasar untuk segera dievaluasi supaya kejadian serupa  tidak terulang kembali.

“Setiap rangkaian pengawasan sudah saya tekankan, jika belum selesai pekerjaannya endingnya (akhirnya) kami blacklist (memasukkan daftar hitam) nama perusahaan itu,” tegasnya. (Dha/adv)

Leave a comment