Wakil Ketua DPRD Kukar Dukung Program Karya Bhakti TNI

0 904

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Wakil Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Alif Turiadi sangat mendukung program Karya Bhakti TNI di Kecamatan Muara Kaman dan Sebulu. Menurutnya, kegiatan yang berlangsung mulai bulan Oktober hingga Desember ini akan mengatasi berbagai permasalahan kendala yang dihadapi para petani. Lantaran sasaran pengerjaanya kawasan pertanian.

Hal ini telah tercermin saat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 di Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman pada bulan Agustus lalu. Berbagai persoalan yang dihadapi petani telah berhasil dituntaskan. Seperti pelebaran badan jalan usaha tani, jembatan penghubung, turap hingga pompa air.

“Banyak sekali kegiatan yang positif yang dapat dirasakan, berkat sinergisitas masyarakat dan TNI. TMMD di Desa Panca Jaya itu kita anggap sukses,” kata Alif, Selasa (11/10/2022).

Langkah Kodim 0906/KKR dalam mengatasi keluhan masyarakat terasa efektif dan cepat. Mudah-mudahan dengan waktu yang relatif lama ini, bisa meningkatkan produktivitas pertanian. Paling utama peningkatan perekonomian masyarakat.

“Kita akan tingkatkan terus, Bupati Kukar juga selalu mengsupport kegiatan itu,” imbuh Alif.

Terpisah, Bupati Kukar Edi Damansyah menyebutkan, ini bentuk kolaborasi antara pemerintah dan Kodim 0906/KKR untuk menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan Kaltim. Komitmen Pemkab Kukar terhadap pembangunan pertanian dalam arti luas dan suda tertuang dalam RPJMD 2021-2026.

Sasaran utama Karya Bhakti TNI berkaitan dengan infrastruktur tani seperti jalan usaha tani , saluran irigasi dan embung.

“Kalau ini selesai kita bisa menuntaskan persoalan infrastruktur tani, dengan kawasan kurang lebih 1.400 hektare (ha) di lima desa. Di kecamatan Sebulu dan Muara Kaman,” tutupnya. (Dha/Adv)

Leave a comment