Wali Kota Samarinda Berharap DPR RI Realisasikan Kampung Nelayan

0 170

Kaltimpedia.com, Samarinda – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budi Satrio Djiwandono berkunjung ke Kantor Balai kota Samarinda, dan disambut oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun, bertempat di Ruang Mangkupelas Balai Kota Samarinda pada Rabu, (11/05/2022).


Kunjungan tersebut dalam rangka Program Bakti Nelayan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dimana ada 700 nelayan di Kota Samarinda yang diberikan bantuan paket sembako. Atas kunjungan dan bantuan sembako yang diberikan ini, Andi Harun mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Budi Satrio.


“Momentum ini, kami di Samarinda juga menggunakan untuk memohon bantuan untuk Program Kampung Nelayan yang ada di Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Perikanan Kota Samarinda dan permohonan bantuan itu tadi kami sampaikan secara terbuka kepada Mas Budi,” katanya.


Andi berharap agar pemerintah pusat bisa memberikan dana bantuan untuk dapat merealisasikan program Kampung Nelayan ini.


“Insya Allah kita harapkan penyerahan permohonan untuk alokasi APBN yang akan datang. Program nelayan kita mendapatkan bantuan dari APBN pusat,” ujar Andi Harun.


Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Samarinda Sam Syaimun, menjelaskan Program Kampung Nelayan yang dicanangkan berada di Kampung Rawa Makmur di Kecamatan Palaran. Lokasi ini dipilih dikarenakan sebagian besar warganya berprofesi nelayan dan dekat dengan Sungai Mahakam.


“Jadi akan kita lengkapi sarana dan prasarananya, fasilitas apa saja yang dibutuhkan oleh para nelayan,” terang Sam.
Diketahui, terdapat 700 nelayan dan 700 pembudidaya ikan atau 2,5 persen warga Samarinda berprofesi nelayan dan pembudidaya ikan. Dengan adanya program ini, diharapkan akan mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan di Samarinda.


“Melalui dana APBN yang akan kami usulkan di tahun 2023 yang akan datang. Kami sudah menyiapkan usulan terkait dengan program Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk pemberdayaan Kampung Nelayan di Samarinda,” tutupnya. (*)

Penulis : Ramadhani

Editor : Yuliawan

Leave a comment