Wujudkan Perpustakaan Berstandar Nasional, DIARPUS Kukar Gelar Bimtek

0 1,006

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Dinas Kearipan dan Perpustakaan Kutai Kartanegara (Diarpus Kukar) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan perpustakaan, digelar mulai tanggal 10 hingga 14 Oktober 2022. Kegiatan diselenggarakan di Hotel Grand Fatma, diikuti 40 peserta terdiri kepala sekolah, kepala perpustakaan, pengelola perpusatakaan tingkat SD,SMP dan SMA serta pustakawan di Kukar.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Bimtek Sigit Imam Prasetyo menjelaskan, kegiatan ini untuk mewujudkan perpustakaan yang terakreditasi pada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI).

“Tujuan Bimtek untuk meningkatkan kapasitas pustakawan dan pengelola perpustakaan dalam meningkatkan mutu perpustakaan sesuai standar nasional,” kata Sigit.

Sementara Asisten II Wiyono yang hadiri pada acara tersebut mengatakan, penerapan standar nasional merupakan arah ideal yang wajib diimplementasikan dalam pengelolaan perpustakaan di seluruh jenisnya. Oleh karenanya, harus diupayakan untuk meningkatkan mutu dan layanan perpustakaan. Diimbangi dengan pemenuhan kebutuhan akreditasi perpustakaan di wilayahnya masing-masing.

“Perpustakaan mempunyai peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara, karena gudang ilmu dan merupakan salah satu sarana penting dalam mewujudkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul,” imbuh Wiyono.

Dia berpesan, selama acara berlangsung para peserta memperhatikan dan memahami seluruh materi yang disampaikan oleh narasumber. Serta membangun komunikasi dua arah yang intensif.

“Agar permasalahan yang ada dapat dibahas bersama untuk mendapat penyelesaian,” tutupnya. (Dha/Adv)

Leave a comment