Kaltimpedia
Beranda Advetorial Desa Bhuana Jaya Terapkan Smart Governance Tingkat Pemdes Melalui Sistem Absensi QR Code

Desa Bhuana Jaya Terapkan Smart Governance Tingkat Pemdes Melalui Sistem Absensi QR Code

Sekretaris Desa Bhuana Jaya, Tenggarong Seberang, Suwondo (Kaltimpedia.com)

Kaltimpedia.com, Kutai Kartanegara – Sejalan dengan penerapan Smart Governance yang digalakkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui LOBI-KU milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Pemerintah Desa (Pemdes) Bhuana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang menjadi salah satu desa yang telah menerapkan Smart Governance melalui Sistem Absensi QR Code mereka.

Sekretaris Desa Bhuana Jaya Suwondo mengatakan penerapan sistem absensi berbasis QR Code atau kode respon cepat ini diperuntukkan bagi pegawai Kantor Desa Bhuana Jaya. Dan penerapan ini merupakan upaya mereka dalam beradaptasi ditengah kemajuan teknologi yang pesat.

“Sistem absensi pegawai desa saat ini sudah sistem digital, seperti halnya saat ini tanda tangan dilakukan dengan elektronik,” terang Suwondo.

Sistem absensi berbasis QR Code ini sudah lama diterapkan di Kantor Desa Bhuana Jaya. Suwondo menyebut kantor desanya telah menerapkannya sejak tahun 2020 lalu. Penerapan ini dilakukan agar dapat mempermudah administrasi desa dan absensi pegawai.

Karena melalui absensi QR Code rekapitulasi data secara otomatis setiap satu bulan penuh. Hal ini tentunya mempermudah kinerja Pemdes Bhuana Jaya. Suwondo juga mengatakan Pemerintah Desa Embalut dan Desa Mulawarman juga telah menerapkan sistem ini.

“Kami juga kini mengelola situs pemerintahan desa yang bertugas untuk memberikan informasi akurat seputar desa bagi masyarakat, sekaligus mencegah berita hoaks. Situs ini juga update setiap pekan, dengan minimal satu informasi yang bermanfaat bagi warga. Jadi informasi peraturan desa, peraturan kepala desa, juga selalu update dan bisa didownload warga umum. Karena hoaks bisa merugikan warga, oleh sebab itu kita harus mencerdaskan warga. Untuk melakukan cek dan konfirmasi terhadap sebuah berita,” pungkas Suwondo. (ito/adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan