Kaltimpedia
Beranda Advetorial 34 Pataka Se-Indonesia Berangkat dari Kota Raja Menuju Titik Nol IKN Membawa Semangat Sumpah Pemuda Ke-94

34 Pataka Se-Indonesia Berangkat dari Kota Raja Menuju Titik Nol IKN Membawa Semangat Sumpah Pemuda Ke-94

Bupati Kukar Edi Damansyah bersama Forkopimda, perwakilan Kemenpora RI dan DPR RI ketika melepas pataka dari 34 provinsi menuju Titik Nol IKN (Istimewa)

Kaltimpedia.com, Kutai Kartanegara – Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menunjuk Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai titik kumpul 34 pataka dari seluruh Provinsi se-Indonesia dalam rangka kegiatan Kirab Budaya Nusantara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN). Pataka berisi pemuda tersebut berkumpul di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Tenggarong pada Kamis (27/10/2022) sebelum menuju puncak peringatan Sumpah Pemuda di IKN.

Pengibaran bendera mengawali pelepasan para pataka ini yang dilakukan Bupati Kukar Edi Damansyah beserta Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Adji Muhammad Arifin, Forkopimda Kukar, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Ni’am Sholeh dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian.

Bupati Kukar Edi Damansyah sampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) RI karena telah memberikan kepercayaan daerahnya sebagai titik pelepasan payaka. Dirinya turut mengingatkan kepada para pemuda Indonesia, khususnya Kukar agar bersama-sama menguatkan tekad dan semangat pada peringatan Sumpah Pemuda ini.

“Pemuda dan pemudi Kukar harus terus mengembangkan kreatifitas, disiplin, dan rajin menuntut ilmu. Dan bisa terus berpartisipasi disemua lini. Saya berharap momentum ini tidak hanya sekedar kumpul gembira. Semangat napak tilas pemuda ini harus dijadikan untuk menguatkan kembali tekad kita,” pesan Edi.

Lanjut Edi, pemuda adalah generasi dan garda terdepan yang akan membangun Indonesia. Ia berharap di tengah era digitalisasi dan persaingan tinggi ini, pemuda pemudi Kukar dapat tetap bangkit dan kuat. Terutama dalam menyongsong IKN, dia berharap putra putri Kukar tidak tersingkirkan dengan ratusan juta Sumber Daya Manusia yang datang dari luar.

“Sekali lagi saya menyampaikan terima kasih kepada para pemuda, khususnya pemuda pemudi Kukar. Kalian adalah harapan bangsa khususnya Kukar,” ungkapnya.

Kirab Pemuda Nusantara ini mengangkat tema “From Kutai Kartanegara the Imperium Nusantara to Ibu Kota Nusantara”. Dijelaskan oleh Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI yang juga Ketua Panitia Nasional Hari Sumpah Pemuda ke-94, Asrorun Niam Sholeh tema tersebut memiliki filosofi yang berarti perjalanan sejarah yang menyambungkan masa lalu dan masa depan. Kukar dengan segala sejarah kejayaan nusantara pada masa lalu dan IKN sebagai kejayaan di masa depan.

“Dengan semangat napak tilas, Ibu Kota Nusantara ini sebagai tonggak sejarah masa depan,” jelasnya.

Niam mengatakan para pataka dari 34 provinsi se-Indonesia ini akan menumpangi 28 mobil roda empat. Dengan membawa semangat napak tilas, pemuda pemudi perwakilan unsur pelajar dan mahasiswa akan mengarak pataka dari 34 provinsi menuju IKN sebagai representasi pemuda Indonesia.

“Ini di titik Kukar ada sejumlah 14 mobil, di Balikpapan 14 mobil kemudian ketemu di IKN. Dilanjutkan dengan kemah pemuda Nusantara sebagai simbol komitmen dan kesiapan anak muda menyongsong masa depan Indonesia. Kemudian di puncak sumpah pemuda dengan apresiasi pemuda berprestasi serta ikrar komitmen dan manifesto sumpah pemuda Indonesia di Titik Nol Nusantara,” tutup Niam. (ito/adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan