Kaltimpedia
Beranda Advetorial Bupati Kukar Minta Perusahaan Bantu Program Bedah Rumah

Bupati Kukar Minta Perusahaan Bantu Program Bedah Rumah

Bupati Kukar Edi Damansyah bersama dengan pihak dunia usaha.

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meminta seluruh perusahaan yang beroperasi di wilayah Kukar turut berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan.

Salah satunya melalui Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) terkait Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) atau bedah rumah.

“Saya minta dunia usaha dapat melakukan pendataan bersama terutama pada ring 1 wilayah operasi perusahaan membantu pengentasan kemiskinan dengan melakukan bedah rumah,” kata Edi Damansyah, Jumat (18/11/2022).

Ia menyebutkan, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kukar telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 61 miliar dengan target bedah rumah sekitar 1000.

Tak hanya di kabupaten, ditingkat desa juga sudah dikeluarkan kebijakan minimal setiap desa melakukan bedah rumah sebanyak 3 tempat. Melalui Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

“Jadi, saya juga minta perusahaan agar melakukan pendataan ulang dilapangan, guna mencocokkan dengan data dari kabupaten. Khususnya di Ring 1 operasi perusahaan. Berapa rumah yang layak dan harus dibedah sesuai kondisi dilapangan sebagai upaya bersama mengentaskan kemiskinan,” pintanya.

Sebagai informasi, penanganan rehabilitasi RTLH berdasarkan pendataan Disperkim untuk saat ini berada di Kecamatan Samboja dengan jumlah 300 unit rumah, Muara Kaman 217 unit rumah.

Adapun pembiayaan penyaluran bantuan masing-masing RTLH sebesar Rp20 juta dengan total keseluruhan mencapai Rp10,340 miliar. (Dha/Adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan