Kaltimpedia
Beranda Samarinda Segera Rekonstruksi Pasar Pagi, Bakal Dibangun Berkonsep Modern

Segera Rekonstruksi Pasar Pagi, Bakal Dibangun Berkonsep Modern

Walikota Samarinda Andi Harun.

SAMARINDA – Pasar pagi yang berdiri sejak tahun 1960an silam, direncanakan bakal dibangun ulang. Hal ini ditegaskan oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun dengan alasan usia tekniksnya memang perlu mendapatkan pemugaran.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim ini mengakui, sudah seharusnya pemerintah memberikan fasilitas yang layak bagi masyarakat. Terlebih pasar menjadi tempat perputaran ekonomi selalu ada setiap harinya.

“Saya sudah minta ke Pak Marnabas (Kepala Dinas Perdagangan) untuk ide dan gagasan agar pasar ini bisa rekontruksi,” kata Andi Harun, Kamis (9/2/2023)

Diketahui 75 persen fasilitas ruangan itu diisi oleh pedagang konveksi, 15 sampai 20 persen itu diisi aksesoris,  sisanya diusi oleh pedagang dari komoditas lainnya.

Awalnya memang ada rencana untuk revitalisasi pasar, mengingat sebelumnya pasar ini baru saja diserahterimakan dari pihak ketiga. Namun setelah dipertimbangkan usia teknisnya, Andi Harun pun menginginkan agar pasar tradisional itu bisa dibangun kembali dengan konsep modern.

“Karena gedungnya sudah tidak relevan, saya menginginkan suatu hari nanti di Jalan Sudirman itu harus bebas parkir, tak ada lagi parkir sembarangan jadi harus disediakan tempat yang memadai,” tegasnya. 

Meski tak langsung dikerjakan, namun ia meminta agar perencanaannya harus diselesaikan tahun ini. Sementara nanti dibangun ulang, ia berharap nantinya Dinas Perdagangan yang akan mencarikan alternarif sementara pedagang bisa berjualan.

“Bisa bekerja sama dengan Pelni atau di Mal Mesra, yang jelas selama masa pengerjaan pedagang harus diberikan tempat yang layak berjualan untuk sementara, tutup Andi Harun. (Adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan