Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara DPMD Kukar Kembali Buka Rekrutmen Pendekar Idaman untuk Penuhi Kekosongan di Desa dan Kelurahan

DPMD Kukar Kembali Buka Rekrutmen Pendekar Idaman untuk Penuhi Kekosongan di Desa dan Kelurahan

Pelaksanaan Rekrutmen Pendamping Desa dan Kelurahan Kukar Idaman (Istimewa)

TENGGARONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) kembali buka Rekrutmen Pendampingan Desa dan Kelurahan (Pendekar) Kukar Idaman. Rekrutmen yang telah memasuki tahap tes dan wawancara ini dilakukan untuk memenuhi kekosongan Pendekar Idaman di beberapa kecamatan hingga kelurahan dan desa. Dilaksanakan di Gedung Serbaguna Sekretariat DPRD Kukar, Jumat (19/5/2023) seleksi ini diikuti sebanyak 94 peserta.

Dari 94 peserta tersebut terbagi dari 84 pendamping lokal kelurahan dan desa. Beserta 10 pendamping kecamatan. Melalui sambutan Bupati Kukar, Edi Damansyah yang disampaikan Asisten I Setkab Kukar, Akhmad Taufik Hidayat. Pendekar Idaman ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten untuk melakukan pendampingan terhadap pemerintah kelurahan dan desa secara optimal.

“Mereka akan mendampingi kelurahan dan desa dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi kegiatan pembangunan. Maka mereka harus punya kemampuan dan kemauan yang tinggi. Untuk itu kami harap pendampingan bisa berjalan dengan lebih optimal dan intens dengan warga lokal setempat,” ucap Taufik.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Adat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Asmi Riyandi Elvandar. Mengatakan bahwa seleksi ini diikuti 94 peserta. Nantinya akan ada sebanyak 66 orang yang ditetapkan menjadi pendamping lokal kelurahan dan desa. Beserta 7 orang sebagai pendamping tingkat kecamatan.

Dirinya menyebut seleksi ini dilakukan untuk mengisi kekosongan posisi pendamping lokal desa dan kelurahan, serta kecamatan. Dikarenakan banyaknya Pendekar Idaman yang berhenti ditengah jalan dengan berbagai alasan. Seleksi kembali dilakukan unyuk mendapatkan Pendekar Idaman yang lebih kompeteb dalam melaksanakan tugasnya dan memberikan pendampingan.

“Kami ingin Pendekar Idaman ini ikut membantu pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, baik di desa maupun kelurahannya masing-masing. Sehingga percepatan pencapaian visi dan misi Kukar Idaman bisa tercapai,” tandas Riyandi. (ito/adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan