Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Disbun Kukar akan Bangun Dua Pabrik Kelapa di Pesisir

Disbun Kukar akan Bangun Dua Pabrik Kelapa di Pesisir

Kepala Dinas Perkebuban Kukar, Muhammad Taufik (Istimewa)

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), berencana mengoptimalkan perkebunan kelapa di pesisir dengan membangun dua pabrik pengolahan. Yakni di kecamatan Samboja dan Muara Jawa. Dinas Perkebunan (Disbun) Kukar telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk pembangunan pabrik ini.

Kepala Dinas (Kadis) Disbun Kukar, Muhammad Taufik, mengatakan pihaknya ingin pabrik ini menjadi pilot project. Pihaknya sendiri saat ini terus mendorong pengembangan teknologi budidayanya. Yakni dengan fasilitasi intensifikasi kelapa.

“Kita jufa menyiapkan prasarananya supaya ada peremajaan kelapa yang sudah tua, dengan perbaikan saluran irigasi dan pintu air. Supaya para petani ini terus mengembangkan usaha kelapanya,” kata Taufik.

Taufik menambahkan, diluar kecamatan Samboja dan Muara Jawa. Pihaknya juga terus mendorong pengembangan perkebunan kelapa di wilayah lain, Seperti Muara Badak. Yang dinilai sangat berpotensi, untuk menjadi wilayah pengembangan perkebunan kelapa. Lantaran berada di wilayah pesisir pantai.

Untuk mengembangkan sektor pertanian di kecamatan Muara Badak. Taufik berupaya meningkatkan minat para petani untuk berkebun kelapa. Bahkan ia mengatakan pihaknya akan berkerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar, untuk membangun sistem irigasi dan pintu air. Sebagai fasilitas penunjang perkebunan kelapa.

“Tahun ini Dinas PU sudah mulai masuk ke Kecamatan Muara Badak. Insya Allah nanati kita akan lakukan penambahan area perkebunan kelapa ini, salah satunya di Muara Badak,” Tambahnya. (ito/adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan