Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Ekonomis, Desa Saliki Produksi Sisa Lembah Menjadi Lidi dan Arang

Ekonomis, Desa Saliki Produksi Sisa Lembah Menjadi Lidi dan Arang

Pengembangan lidi nipah di Desa Saliki, Kecamatan Muara Badak (Istimewa)

TENGGARONG – Pemerintah Desa (Pemdes) Saliki, Kecamatan Muara Badak berinovasi dalam menyulap hasil lembah menjadi lidi nipah dan arang. Inovasi Desa Saliki ini merupakan upaya pemerintah memanfaatkan hasil limbah kelapa sawit dan kayu halaban. Dimana, lidi yang diolah dari limbah kelapa sawit dan arang dari kayu halaban telah memberi nilai ekonomis bagi warga.

Disampaikan Kepala Desa (Kades) Saliki, Saliansyah potensi sektor perkebunan kelapa sawit sangat melimpah di desanya. Perkebunan kelapa sawit ini telah meninggalkan lembah. Tidak ingin tersia-siakan, Pemdes bersama masyarakat memanfaatkannya sebagai bahan baku pembuatan lidi nipah yang telah berkembang menjadi produk dengan nilai jual tinggi.

“Produk ini bisa diekspor sampai ke luar negeri. Dan saat ini BUMDes Saliki masih membicarakan terkait harga dengan pengepul atau perusahaan yang menampung baik itu lidi maupun arang karena, harganya masih terlalu rendah,” ujar Saliansyah.

Dalam pengembangan produk ini, Saliansyah mengaku pihaknya telah mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim). Berupa alat serut yang digunakan untuk membersihkan lidi dari daun nipah. Sementara untuk arang, di Desa Saliki masih banyak pohon halaban sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku arang.

Saliansyah harap ada kesepakatan harga antara BUMDes dan pengepul untuk produk desanya. Sehingga BUMDes dapat menambah penghasilan dari usaha lidi dan arang ini. Mengingat potensi pemasaran dan hasilnya yang sangat menjanjikan.

“Kami berharap dengan adanya produksi lidi nipah dan arang ini nanti akan meningkatkan pendapatan dari BUMDes itu sendiri. Kemudian perekonomian masyarakat akan terbantu dengan adanya usaha produksi lidi dan arang tersebut,” tutup Saliansyah. (ito/adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan