Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Berbagi Inovasi Teknologi Tepat Guna, Kukar Dapat Penghargaan dari Kemendes-PDTT

Berbagi Inovasi Teknologi Tepat Guna, Kukar Dapat Penghargaan dari Kemendes-PDTT

Suasana penyampaian lokakarya di TTGN XXIV di Bandar Lampung. (Istimewa)

Tenggarong – Berikan gagasan dan sumbangsih kemajuan inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG). Peserta asal Kutai Kartanegara (Kukar), Muhammad Mansur mendapat penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Penghargaan tersebut diberikan langsung Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar saat pagelaran TTG Nusantara XXIV Tahun 2023 di Bandar Lampung, Provinsi Lampung pada Rabu (7/6/2023).

Saat itu, Muhammad Mansyur selaku Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Perikanan Kukar menjadi salah satu narasumber Lokakarya. Dirinya berbagi inovasi dalam pengembangan TTG terkait potensi perikanan di wilayah Pangempang, Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak.

“Kukar memiliki potensi yang luar biasa, salah satunya perikanan yang menjadi sumber penghidupan pundi-pundi rupiah bagi masyarakat,” kata Mansyur.

Sementara Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar mengatakan, teknologi tepat guna nusantara merupakan evwnr nasional yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Tujuannya untuk penyebarluasan informasi dan promosi TTG dalam upaya percepatan alih teknologi penemu kepada masyarakat. Sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi UMKM yang begitu banyak di desa.

“Kegiatan ini sangatlah bermanfaat untuk mendorong dan memotivasi pengembangan daya kreativitas dan inovasi TTG yang mempunyai prospek, sehingga dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat ekonomi produktif dan kreatif berbasis potensi unggulan desa atau daerah,” tutupnya. (fa/adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan